4 Catatan SEA Games Momok Vietnam Jelang Lawan Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 15:51 WIB
Setidaknya ada empat catatan kemiripan antara SEA Games 2019 dengan 2009 yang menjadi momok Vietnam jelang laga final lawan Indonesia. Vietnam dibayangi situasi mirip dengan SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vietnam berpeluang meraih emas SEA Games untuk kali pertama pada laga final lawan Indonesia. Namun mereka dibayangi sejumlah catatan yang menjadi kemiripan pada SEA Games 2019 dengan edisi 2009 saat mereka gagal jadi juara.

Vietnam terakhir kali masuk final SEA Games pada edisi 2009. Saat itu mereka kalah dari Malaysia dengan skor 0-1 di partai final.

Dikutip dari Bongda24h, ada beberapa kemiripan antara SEA Games 2019 dan 2009 yang justru membuat Vietnam khawatir.


Berikut sejumlah kemiripan antara SEA Games 2019 dan SEA Games 2009:

1. Vietnam melaju sebagai juara grup dengan satu hasil imbang dan sisa laga lainnya berupa kemenangan. Hal ini sama-sama terjadi di dua edisi SEA Games.

Indonesia kembali menantang Vietnam setelah sebelumnya berjumpa di babak penyisihan.Indonesia kembali menantang Vietnam setelah sebelumnya berjumpa di babak penyisihan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
2. Vietnam lolos juara grup ketika Thailand yang selama ini jadi raja Asia Tenggara terhenti di babak penyisihan. Hal ini terjadi pada 2009 dan 2019.

3. Salah satu slot semifinal sepak bola SEA Games diisi oleh tim kejutan. Pada SEA Games 2009, slot tersebut diisi oleh Laos sedangkan pada tahun ini diisi oleh Kamboja.

4 Kemiripan yang Buat Vietnam Khawatir Gagal Juara SEA Games
4. Vietnam mengalahkan Malaysia di babak penyisihan grup dan kembali bertemu tim tersebut di babak final. Vietnam kalah dari Malaysia di final SEA Games 2009.

Di babak final SEA Games ini, Vietnam kembali bertemu Indonesia. Indonesia adalah lawan yang berhasil dikalahkan oleh Vietnam di babak penyisihan dengan skor 2-1. Kini skuat Garuda kembali hadir untuk menantang Vietnam di partai final.
[Gambas:Video CNN]
Meski kalah di babak penyisihan, Indonesia punya kekuatan yang sejajar dengan Vietnam. Salah satu buktinya adalah Indonesia dan Vietnam sama-sama mencetak 21 gol dan hanya kebobolan empat gol dalam perjalanan menuju final. (ptr)