Nasib Emas Dancesport Tunggu SEA Games Selesai

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 01:11 WIB
Nasib Emas Dancesport Tunggu SEA Games Selesai Dwi Cindy meraih emas dari cabor dancesport. (Dok. CdM SEA Games 2019)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nasib medali emas dancesport yang diraih Dwi Cindy Desana dari nomor breaking putri menunggu hingga pagelaran SEA Games 2019 usai pada Rabu (11/12).

Pada Selasa (10/12), emas yang diraih Cindy di hari Minggu (1/12) masuk ke dalam daftar perolehan medali Tim Merah Putih. Padahal, sebelumnya panitia penyelenggara (PHISGOC) tidak memasukkan pencapaian Cindy itu.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Harry Warganegara enggan terburu-buru menanggapi masuknya emas Cindy ke dalam klasemen medali.


Menurut Harry, kepastian masuk atau tidaknya medali emas Cindy masih menunggu gelaran multievent olahraga dua tahunan itu usai pada Rabu (11/12).

"Nanti kami akan minta penjelasan tertulis dari PHISGOC untuk memastikannya [status medali Cindy]. Kapan? nanti kalau SEA Games 2019 selesai mereka akan kasih klasemen resmi," ujar Harry ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (10/12).

Harry Warganegara.Harry Warganegara. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
"Kalau klasemen medali di situs [resmi SEA Games 2019] itu seperti quick qount. Tapi resminya nanti ada rapat pleno setelah penutupan. Jadi nanti kita tunggu," ucap Harry menambahkan.

Harry menjelaskan alasan pihak Indonesia tidak ingin terlalu jemawa mengenai masuknya emas Cindy di klasemen medali pesta olahraga ASEAN edisi ke-30 ini.

[Gambas:Video CNN]
Dikatakan Harry, sejak awal emas dancesport milik Cindy tidak masuk hitungan ke dalam klasemen lantaran hanya ada dua negara (NOC) yang mengikuti pertandingan itu. Pengumuman tersebut menurut Harry diberitahukan dalam rapat SEA Games.

"Tapi dalam berjalannya waktu, ada cabor yang pesertanya hanya tiga tapi yang partisipasi hanya dua karena yang satu mundur, dan di situ tuan rumah yang dapat medali. Lalu tuan rumah menghitung medali itu," Harry menjelaskan.

Nasib Emas Dancesport Tunggu SEA Games Selesai
Untuk itu, kontingen Indonesia akan bersabar untuk sementara sampai dengan rapat pleno digelar usai pelaksanaan SEA Games 2019. Dalam rapat itu Indonesia akan memperjuangkan emas yang sempat diraih Cindy.

"Kalau medali kami dihitung, kami diam. Tapi kalau tidak dihitung, ya kami protes," tutur Harry.

Sebelumnya Dwi Cindy Desana merebut medali emas SEA Games 2019 di nomor women breaking yang digelar di Royce Hotel, Filipina, Minggu (1/12). Cindy berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Filipina, Debby Hate, 3-2 pada laga final. (TTF/bac)