Osvaldo Pemain Tersubur Indonesia dalam Sejarah SEA Games

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 00:30 WIB
Osvaldo Pemain Tersubur Indonesia dalam Sejarah SEA Games Osvaldo Haay jadi pemain tersubur Indonesia sepanjang sejarah SEA Games. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, menjadi pemain Indonesia tersubur sepanjang sejarah gelaran SEA Games dengan torehan delapan gol.

Jumlah gol Osvaldo merupakan yang terbanyak di antara pemain-pemain Indonesia lain dalam satu edisi SEA Games.

Dengan delapan gol, Osvaldo unggul tiga gol atas Eri Irianto (1995), Kurniawan Dwi Yulianto (1997), dan Patrich Wanggai (2011) yang menjadi top skor Indonesia pada SEA Games dengan torehan lima gol.


Osvaldo Pemain Tersubur Indonesia Dalam Sejarah SEA GamesOsvaldo Haay gagal menambah perbendaraan gol saat Indonesia takluk 0-3 dari Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Osvaldo mencetak gol pertama pada SEA Games 2019 pada laga melawan Thailand. Gol mantan pemain Persipura Jayapura itu membuat tim Merah Putih menggandakan keunggulan menjadi 2-0 atas sang juara bertahan.

Dalam laga melawan Singapura, Osvaldo menjadi pencetak gol pertama sebelum Asnawi Mangkualam Bahar memperlebar jarak keunggulan Timnas Indonesia.

[Gambas:Video CNN]
Osvaldo gagal mencetak gol ketika melawan Vietnam, namun pemuda kelahiran Jayapura itu kembali bangkit dengan membukukan hattrick dalam pertandingan melawan Brunei yang berakhir dengan skor 8-0. Tambahan dua gol ke gawang Laos membuat Osvaldo sudah mengemas tujuh gol hingga fase grup usai.

Osvaldo Pemain Tersubur Indonesia Dalam Sejarah SEA Games
Pemain 22 tahun kembali menjaringkan si kulit bulat ke gawang lawan dalam laga semifinal melawan Myanmar. Gol Osvaldo pada menit ke-102 membuat Indonesia unggul 3-2 atas Myanmar setelah laga imbang 2-2 hingga waktu normal.

Selain gol dari Osvaldo, Indonesia menambah satu gol lagi lewat Evan Dimas Darmono yang membuat skor 4-2 hingga laga usai.

Di partai final, Osvaldo tidak bisa berbuat banyak karena dikawal ketat pemain belakang Vietnam. Ia gagal menambah pundi-pundi gol dan bersanding dengan pemain Vietnam, Ha Duc Chinh yang sama-sama menjaringkan delapan gol. (nva/jal)