Wasit Soal Tekel Van Hau pada Evan: Kalau Ada VAR Lain Cerita

TTF, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 16:03 WIB
Wasit Soal Tekel Van Hau pada Evan: Kalau Ada VAR Lain Cerita Doan Van Hau (kiri) mencetak dua gol ke gawang Indonesia setelah menekel Evan Dimas. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wasit Thoriq Alkatiri menilai soal tekel horor Doan Van Hau terhadap Evan Dimas pada final SEA Games 2019, di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12), bakal lain cerita jika ada Video Assistant Referee (VAR). Timnas Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam dan gagal meraih medali emas.

Pelanggaran Van Hau terjadi saat laga baru berjalan 19 menit 25 detik. Evan Dimas yang mendapat operan dari kapten Timnas Indonesia, Andy Setyo menggiring bola dari sisi kanan pertahanan sendiri menuju tengah untuk memberikan bola kepada Zulfiandi.

Di saat itu,Van Hau kemudian mendekati Evan Dimas dari belakang. Kaki kirinya menendang pergelangan kaki kiri Evan Dimas yang langsung tersungkur kemudian teriak kesakitan.


Gelandang Barito Putera itu kemudian dipapah keluar lapangan oleh tim medis Timnas Indonesia dengan kaki pincang.

Doan Van Hau saat menjatuhkan Osvaldo Haay. (Doan Van Hau saat menjatuhkan Osvaldo Haay. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras)
Van Hau sendiri tidak mendapatkan kartu kuning dari wasit Majed Mohammed Alshamrani asal Arab Saudi yang memimpin pertandingan.

"Karena kejadian cukup cepat dan tidak ada VAR, wasit tidak bisa memutuskan. Mungkin kalau ada VAR ceritanya lain," kata wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/12).

PSSI melalui Wakil Ketua Umum, Cucu Somantri menyebut enggan untuk berkomentar terhadap kepemimpinan wasit. Ia justru menyerahkan semua penilaian terhadap masyarakat yang menyaksikan laga final Timnas Indonesia melawan Vietnam di SEA Games 2019.

Wasit Soal Tekel Van Hau pada Evan: Kalau Ada VAR Lain Cerita
Cucu juga belum dapat memastikan kondisi Evan Dimas pascatekel horor Van Hou semalam. Rencananya, Evan Dimas bakal kembali menjalani tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) setibanya di Jakarta.

"Evan Dimas mau di-MRI dulu karena dia masih belum bisa berdiri atau berjalan, masih pakai kursi roda. Evan nanti dirujuk ke RS Royal Sport. Kami tangani sampai pulih dengan biaya dari PSSI," ungkap Cucu.

[Gambas:Video CNN] (bac)