Vietnam 'Raja' Baru Sepak Bola Asia Tenggara

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 16:35 WIB
Vietnam 'Raja' Baru Sepak Bola Asia Tenggara Timnas Vietnam menggantikan Thailand sebagai 'Raja' sepak bola ASEAN. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019 membuat The Golden Star semakin menobatkan diri sebagai 'Raja' baru di sepak bola Asia Tenggara.

Vietnam untuk kali pertama merebut medali emas SEA Games setelah mengalahkan Indonesia 3-0 pada laga final 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12). Vietnam mengawinkan emas sepak bola putra dan putri di SEA Games 2019.

Sukses Vietnam di SEA Games 2019 membuat tim berjuluk The Golden Star itu menahbiskan diri sebagai tim terbaik di Asia Tenggara. Sebuah predikat yang beberapa tahun sebelumnya dipegang oleh Thailand.


Vietnam sukses menggantikan status Thailand yang sebelumnya menjadi 'wakil' ASEAN di kompetisi level Asia.

Timnas Vietnam sukses dalam dua tahun terakhir bersama Park Hang Seo.Timnas Vietnam sukses dalam dua tahun terakhir bersama Park Hang Seo. (AP Photo/Aaron Favila)
Kebangkitan Vietnam terlihat dalam dua tahun terakhir, setelah Park Hang Seo dipercaya menjadi pelatih timnas senior dan U-23. Pelatih asal Korea Selatan itu mengubah Vietnam menjadi tim yang menakutkan.

Vietnam 'Raja' Baru Sepak Bola Asia Tenggara
Hang Seo secara mengejutkan membawa Vietnam U-23 lolos hingga ke babak final Piala Asia 2018. Vietnam sukses mengalahkan tim kuat seperti Australia, Irak, dan Qatar. Namun, kalah tipis 1-2 dari Uzbekistan di babak final lewat babak tambahan.

Vietnam U-23 juga sukses melangkah hingga ke babak semifinal Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia. Namun, Vietnam kalah 1-3 dari Korea Selatan yang menjadi juara bersama Son Heung-min.

[Gambas:Video CNN]
Terbaru Hang Seo juga sukses membawa Vietnam U-23 merebut medali emas SEA Games untuk kali pertama usai mengalahkan Indonesia setelah lima kali menjadi runner-up.

Di level timnas Vietnam senior, Hang Seo mempersembahkan gelar Piala AFF 2018 setelah sepuluh tahun paceklik gelar. Terakhir Hang Seo membawa Vietnam lolos hingga ke babak perempat final Piala Asia 2019. (har/bac)