Park Hang Seo, Sempat Berniat Pensiun Jadi Pahlawan Vietnam

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 19:06 WIB
Park Hang Seo, Sempat Berniat Pensiun Jadi Pahlawan Vietnam Park Hang Seo mengangkat sepak bola Vietnam. (Nhac NGUYEN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Park Hang Seo sempat berpikir memutuskan pensiun dari sepak bola. Pelatih 60 tahun itu kini malah kembali jadi pahlawan Vietnam.

Hang Seo pernah menjadi salah satu asisten Guus Hiddink di timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2002 selama empat tahun.

Sukses menjadi asisten pelatih, Hang Seo ditunjuk menjadi pelatih timnas Korea Selatan U-23. Kontraknya selesai setelah dia hanya mampu membawa Taegeuk Warriors ke semifinal Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan.


Hang Seo mulai berpikiran untuk pensiun menghabiskan waktu bersama keluarga. Dia merasa putus asa karena tak ada satu pun yang berminat merekrutnya menjadi pelatih.

Namun, niatnya berubah setelah mendapat tawaran dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Dia diminta mengganti posisi mantan pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang yang dipecat pada 2017.

Vietnam mengalahkan Indonesia 0-3 di final SEA Games 2019. (Vietnam mengalahkan Indonesia 0-3 di final SEA Games 2019. (AP Photo/Aaron Favila))
"Saya sudah semakin tua dan tak ada orang lagi yang mau merekrut saya. Kemudian Vietnam memberikan saya kesempatan."

"Saya sangat bersyukur dan bekerja keras untuk para pemain Vietnam," kata Hang Seo seperti dikutip dari Kukmin Daily.

Baru tiga bulan menangani Vietnam, Hang Seo mampu membawa negara itu ke final Piala Asia U-23 untuk kali pertama dalam sejarah. Sukses itu melambungkan namanya.

Dia bukan hanya menjadi pahlawan Vietnam. Nam Hang Seo juga harum di negaranya, Korea Selatan.

Saking terkenal di Negeri Paman Ho, otoritas pariwisata Provinsi Gyeongsang, Korea Selatan sampai berencana membuat kampung Vietnam. Lokasinya di Desa Sancheong, kelahiran Hang Seo. Tujuannya demi menarik wisatawan Vietnam yang telanjur mengidolakan Hang Seo.

[Gambas:Video CNN]
Hang Seo kembali harum namanya setelah berhasil mengerek Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019 di cabor sepak bola untuk kali pertama.

Di pinggir lapangan, Hang Seo terlihat galak. Bahkan sosoknya terkesan arogan lantaran kerap sesumbar di beberapa kali kesempatan konferensi pers jelang laga Vietnam, termasuk di SEA Games.

Park Hang Seo: Sempat Berniat Pensiun Jadi Pahlawan Vietnam
Meski demikian, mantan gelandang Timnas Korea Selatan itu jauh dari sosok angker di timnas Vietnam. Setidaknya demikian kesan pertama yang diungkapkan Wakil Presiden VFF, Doan Nguyen Duc.

"Dia membuat saya tertarik pada pertemuan pertama. Dia sangat ceria dan bersahabat. Ketika kali pertama saya menawarkan posisi pelatih timnas Vietnam, saya bisa lihat determinasi dan keyakinan dari matanya."

"Setelah obrolan pertama kami, saya sadar dia memiliki filosofi yang bakal berjalan baik di Vietnam," ujar Nguyen Duc dikutip dari VN Express.

Hang Seo juga dikenal sebagai sosok pemeluk Kristen yang sangat taat. Dia tak pernah bolos sekali pun dalam kebaktian di gereja setiap akhir pekan. Di rumah, dia selalu melakoni doa harian bersama sang istri, Choi Sang-ah.

Demikian pengakuan dari rekan Hang Seo yang juga mantan pesepakbola, Lee Young Mu, soal sosok juru taktik Vietnam itu.

"Sebagai pesepakbola, dia sangat rendah hati dan jujur. Sebagai pelatih, dia sangat tangguh dan kompetitif. Ketika dia mengalami masa sulit, dia sangat bergantung kepada Tuhan. Dia benar-benar seorang hamba Tuhan," ujar Young Mu. (bac/jal)