SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Netizen Filipina Bangga

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 21:34 WIB
SEA Games 2019 di Filipina resmi ditutup dalam upacara penutupan di Stadion New Clark City, Capas, Tarlac, Rabu (11/12) malam waktu setempat. Kembang api di acara penutupan SEA Games 2019. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Jakarta, CNN Indonesia -- SEA Games 2019 di Filipina resmi ditutup dalam upacara penutupan di Stadion New Clark City, Capas, Tarlac, Rabu (11/12) malam waktu setempat.

Sebagian besar netizen Filipina pun merasa bangga dengan gemerlap dan kemeriahan acara penutupan SEA Games 2019.

Terlebih saat artis utama The Black Eyed Peas mengisi upacara penutupan tersebut, langsung disambut gegap gempita para penonton dan atlet dari seluruh negara yang hadir di sana.


Band rock asal Amerika Serikat, Journey, dan band asal Filipina KO Jones juga menambah kemeriahan acara penutupan. Vokalis Journey yang berasal dari Filipina, Arnel Pineda, menyanyikan lagu kebangsaan Filipina 'Lupang Hinirang'.

Parade drone yang membentuk beragam pola termasuk bendera Filipina dan gemerlapan kembang api juga menambah kemegahan acara penutupan tersebut.

Para pengisi acara penutupan SEA Games 2019. (Para pengisi acara penutupan SEA Games 2019. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Dalam acara penutupan itu juga dilakukan serah terima bendera SEA Games ke perwakilan Vietnam. Negara itu akan menjadi tuan rumah pada SEA Games 2021.

Para netizen Filipina di media sosial pun ramai memuji dan bangga bahwa negaranya sukses membuat acara penutupan SEA Games 2019 dengan sangat gegap-gempita.

Belum lagi, mereka semakin bangga karena mengulang sukses SEA Games 2005 menjadi juara umum. Pada SEA Games kali ini, mereka meraih 149 perak, 117 perak, dan 121 perunggu.

"Penampilan Black Eyed Peas yang luar biasa pada upacara penutupan SEA Games 2019," tulis salah satu pemilik akun di Twitter.


Meski demikian, ada pula yang mengejek Ketua Panitia SEA Games 2019, Alan Peter Cayetano. Dia disebut mempermalukan Filipina karena gelaran SEA Games yang penuh kontroversi.

Di acara penutupan, Cayetano juga mendapat ejekan dari para netizen Filipina karena sambutannya disebut sangat politis.

Sementara itu, Indonesia mengakhiri SEA Games 2019 dengan posisi keempat.

SEA Games 2019 Resmi Ditutup, Netizen Filipina Bangga
Tim Merah Putih berhasil mengoleksi 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu dengan total perolehan 266 medali.

Posisi keempat yang diraih Indonesia di SEA Games 2019 membuat target posisi kedua yang ditancapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal terpenuhi. (bac/jal)