Peselancar Filipina Raih Fair Play Athlete SEA Games 2019

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 00:16 WIB
Peselancar Filipina Raih Fair Play Athlete SEA Games 2019 Ilustrasi pertandingan selancar. (Foto: Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peselancar Filipina Roger Casugay meraih penghargaan atlet paling sportif atau Fair Play Athlete di SEA Games 2019 atas upayanya menyelamatkan peselancar Indonesia.

Casugay menjadi sorotan media-media Asia Tenggara setelah melakukan aksi heroik di tengah pertandingan semifinal nomor longboard putra, Jumat (6/12).

Meski sedang unggul, Casugay memilih tak melanjutkan pertandingan demi menyelamatkan atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang tersapu ombak mencapai tiga meter.


Ketua penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) Alan Peter Cayetano menyebut Casugay sebagai sosok teladan yang layak dijadikan inspirasi.

[Gambas:Video CNN]
"Ketika kita mengincar medali emas, kami melakukannya sepenuh hati tapi tidak membiarkan kilau emas membutakan kita. Jelas bagi Roger jika ada yang lebih penting dari emas," kata Cayetano seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, aksi terpuji Casugay mendapat pujian dari Presiden RI Joko Widodo lewat Twitter resminya.

Peselancar Filipina Raih Atlet Fair Play SEA Games 2019
"Memenangkan kompetisi dan menjunjung sportivitas itu penting, tapi kemanusiaan di atas segalanya."

"Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," tulis Jokowi.

Sementara itu, atlet renang putra Singapura Zheng Wen Quan keluar sebagai atlet terbaik SEA Games 2019 setelah mengemas medali emas terbanyak, yaitu enam emas serta dua perak.

Gelar atlet putri terbaik diraih Nguyen Thi Anh Vien dari Vietnam yang juga bersinar di renang dengan raihan enam medali emas dan dua medali perak.

Filipina yang berstatus sebagai tuan rumah berhak menyandang gelar juara umum dengan perolehan 149 medali emas, 117 perak, dan 121 perunggu.

Sementara Indonesia harus puas finis di posisi keempat dengan koleksi 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu dari total perolehan 266 medali. Adapun Vietnam dan Thailand masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga pada pesta Olahraga se-Asia Tenggara tersebut. (jun/jun)




ARTIKEL TERKAIT