6 Fakta Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 10:54 WIB
6 Fakta Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions Atalanta meraih kemenangan pada laga terakhir fase grup Liga Champions. (AP Photo/Efrem Lukatsky)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atalanta mencatat sejarah dengan lolos ke fase gugur Liga Champions. Setidaknya ada enam fakta yang mengiringi wakil Italia itu ke babak 16 besar.

Kesebelasan berjuluk La Dea itu merupakan klub pertama yang melangkah ke babak 16 besar setelah mengalami kekalahan pada tiga laga awal fase grup Liga Champions.

Setelah kalah 0-4 dari Dinamo Zagreb, 1-2 dari Shakhtar Donetsk, dan 1-5 dari Manchester City, Atalanta kemudian mengimbangi The Citizens 1-1, serta menang 2-0 atas Dinamo dan 3-0 atas Shakhtar.


Dengan tujuh poin, Atalanta menempati peringkat kedua Grup C di bawah Manchester City. Anak asuh Gian Pierro Gasperini itu unggul satu poin atas Shakhtar.

6 Fakta Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions Atalanta merayakan keberhasilan melaju ke babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Efrem Lukatsky)
Berikut enam fakta kelolosan Atalanta ke babak 16 besar Liga Champions:

1. Musim ini adalah debut Atalanta berlaga di Liga Champions setelah musim lalu menempati peringkat ketiga di klasemen Liga Italia.

2. La Dea merupakan salah satu kesebelasan yang lolos ke fase gugur Liga Champions dengan catatan gol terendah selain Atletico Madrid dan Borussia Dortmund. Ketiga klub itu mencetak delapan gol di fase grup.

3. Tujuh pemain berbeda mencetak gol untuk Atalanta di Liga Champions. Hanya satu pemain yang berhasil mencetak dua gol yakni, Mario Pasalic. Sementara tujuh pemain masing-masing mencetak satu gol.

[Gambas:Video CNN]
4. Pada babak 16 besar Atalanta bisa menghadapi Valencia, RB Leipzig, Barcelona, Liverpool, Bayern Munchen, atau Paris Saint-Germain.

5. Sebelum Atalanta, Newcastle United juga pernah lolos dari fase grup setelah mengalami kekalahan pada tiga laga awal Liga Champions 2002/2003. Namun ketika itu format yang digunakan berbeda. Setelah fase grup awal, 16 klub yang lolos kembali diundi untuk masuk ke dalam empat grup.
6 Fakta Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions


6. Keberhasilan Atalanta lolos ke babak 16 besar Liga Champions membuat stadion San Siro bakal menggelar pertandingan knock out Liga Champions untuk kali pertama setelah 2014.  Di ajang Liga Champions, Atalanta memang menggunakan stadion di kota Milan tersebut karena Stadion Azzuri d'Italia tengah dalam proses renovasi dan baru rampung pada 2021. (nva/ptr)