Dua Tim Besar Terancam Tersingkir di Liga Europa

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 20:24 WIB
Dua Tim Besar Terancam Tersingkir di Liga Europa Nasib AS Roma di Liga Europa masih harus ditentukan pada laga terakhir fase grup. (Riccardo Antimiani/ANSA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua kesebelasan dengan nama besar berpotensi gagal lolos ke babak 32 besar Liga Europa musim 2019/2020.

Liga Europa akan menggelar matchday terakhir pada Kamis (12/12) malam waktu setempat. Matchday terakhir ini juga akan menentukan nasib dua tim ibu kota Italia, AS Roma dan Lazio.

Roma saat ini menempati peringkat kedua klasemen Grup J dengan mengoleksi delapan poin. I Lupi meraih jumlah poin sama dengan pemuncak klasemen Borussia Monchengladbach tetapi kalah head to head.


Posisi Roma masih rawan karena klub Turki Istanbul Basaksehir yang menghuni peringkat ketiga hanya berjarak satu poin. Situasi ini membuat persaingan lolos ke fase gugur antara Monchengladbach, Roma, dan Basaksehir masih sengit.

[Gambas:Video CNN]
Di matchday terakhir, Roma akan menjamu wakil Austria Wolfsberger AC di Stadion Olimpico. Di atas kertas tidak sulit bagi Edin Dzeko dkk mengamankan minimal satu poin.

Jika hasil imbang bisa diamankan maka Roma otomatis akan lolos ke 32 besar. Jalan cerita akan berbeda apabila anak asuh Paulo Fonseca takluk di hadapan publik sendiri.

Kekalahan akan membuat nasib Roma bergantung pada hasil laga Monchengladbach vs Basaksehir. Jika duel kedua tim berakhir imbang atau Monchengladbach menang maka Roma akan lolos babak gugur.

Namun jika Basaksehir menang dan Roma kalah maka tim asal Turki itu dan Monchengladbach yang lolos ke fase selanjutnya. Hal ini dikarenakan Basaksehir melampaui perolehan poin Roma dan Monchengladbach unggul head to head meski punya poin sama.
Dua Tim Besar Terancam Tersingkir di Liga Europa

Rival sekota Roma, Lazio berada dalam posisi yang lebih sulit di Grup E. Tim yang diarsiteki Simone Inzaghi wajib menang sembari berharap CFR Cluj menelan kekalahan di kandang.

Lazio saat ini berada di peringkat ketiga klasemen dengan mengoleksi enam poin. Biancoceleste terpaut tiga poin dari Cluj yang menempati posisi kedua klasemen sementara. (jal/bac)


BACA JUGA