PSSI Bantah Shin Tae-yong Batal Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 19:09 WIB
PSSI Bantah Shin Tae-yong Batal Latih Timnas Indonesia Aksi Shin Tae-yong saat masih melatih timnas Korea Selatan. (JUNG Yeon-Je / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI membantah kabar yang menyebut pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong batal jadi juru taktik Timnas Indonesia.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri kepada CNNIndonesia.com menegaskan bahwa sampai saat ini proses negosiasi dengan Tae-yong masih berlanjut. Tae-yong disebut masih berpeluang untuk melatih Timnas Indonesia.

"Enggak tuh [Shin Tae-yong masih berpeluang jadi pelatih Timnas Indonesia]. Kami sudah kontak dan [hasilnya] oke," kata Cucu pada Kamis (12/12).


Sebelumnya, media Korea Selatan, Sport Chosun melaporkan Tae-yong tinggal selangkah lagi jadi pelatih klub asal China, Shenzen FC. Ia disebut telah lama menjadi calon tunggal klub yang baru saja memecat Roberto Donadoni setelah terdegradasi dari Chinese Super League.

PSSI Bantah Shin Tae-yong Batal Latih Timnas IndonesiaShin Tae-yong sudah melakukan presentasi program di depan petinggi PSSI. (Dok.PSSI)
Kabar penolakan Tae-yong melatih Timnas Indonesia juga sempat diberitakan media China, Axtoutiao. Pelatih yang pernah memimpin timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu disebut telah menggelar pembicaraan dengan klub China lainnya, Jiangsu Suning.

"Sekarang kami sedang koordinasi teknis saja [bersama Shin Tae-yong]. Seperti kapan mulai [melatih], komposisi asisten pelatih, sistem pembayaran, kantor, dan lainnya. Sabar setelah deal baru akan diumumkan," jelas Cucu.

[Gambas:Video CNN]
Hingga kini belum ada pernyataan langsung dari Tae-yong soal tim pilihannya. Namun jika kabar dari Sport Chosun benar, otomatis PSSI harus mencari alternatif lain.

Jika mengacu kandidat yang ramai disebut, ada dua pilihan lain yakni Luis Milla dan Stefano Cugurra Teco. Namun, baru Tae-yong dan Milla yang telah melakukan presentasi di depan petinggi PSSI.

PSSI Bantah Shin Tae-yong Batal Latih Timnas Indonesia
Tae-yong lebih dulu mempresentasikan program di Kuala Lumpur, 19 November lalu. Sedangkan Milla sudah melakukan presentasi program pada PSSI di Filipina, 30 November lalu.

Posisi pelatih Timnas Indonesia masih lowong setelah PSSI memutus kontrak kerja sama dengan Simon McMenemy. Pelatih asal Skotlandia itu didepak karena hasil buruk Tim Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Iwan Bule pernah menyatakan kecenderungannya memilih Tae-yong ketimbang Milla untuk menangani Timnas Indonesia. (TTF)