Kemenpora: 250 M Lebih Bonus Atlet SEA Games dari Dana BA BUN

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 03:12 WIB
Kemenpora: 250 M Lebih Bonus Atlet SEA Games dari Dana BA BUN Atlet dan pelatih Indonesia saat menerima bonus SEA Games 2019, Kamis (12/12). (Foto: CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sesmenpora Gatot Sulistiantoro Dewa Broto menyatakan Kementerian Keuangan menggelontorkan dana lebih dari Rp250 miliar untuk menambah bonus yang disediakan oleh Kemenpora bagi atlet yang memperoleh medali pada SEA Games 2019.

"Tambahannya berapa? Hampir lebih dari 250 miliar," ujar Gatot di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (12/12).

Gatot mengatakan Kemenpora semula hanya menyediakan anggaran bonus SEA Games sebesar Rp56 miliar. Dia mengklaim uang sebanyak itu dianggap kurang untuk bonus para atlet hingga pelatih yang berlaga di SEA Games.
Lebih lanjut, Gatot mengatakan uang tambahan bonus dari pemerintah bersumber dari dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN).


Sehingga, dia menyampaikan Menpora Zainudin Amali mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menkeu Sri Mulyani saat memberikan sambutan dalam acara pemberian bonus bagi atlet hingga pelatih peraih medali di SEA Games.

"BA BUN itu yang punya kewenangan memutuskan adalah Menkeu sehingga bertambah. Kalau angka yang Rp56 miliar tidak cukup," ujarnya.

Di sisi lain, Gatot mengakui pencairan dana bonus dilakukan secara bertahap. Akan tetapi, dia menegaskan hal itu karena alasan administrasi semata.

Selain itu, dia berkata pencairan dana bertahap karena Jokowi baru memberi instruksi menambah bonus pada Rabu (11/12), sekitar pukul 17.05 WIB.
"Anda bisa bayangkan kami harus main sirkus jungkir balik tidak karuan. Tapi pokoknya secepatnya agar mereka bisa merayakan Tahun Baru dan Natal," ujar Gatot.

Sebelumnya, Kemenpora memberikan bonus kepada para atlet yang memperoleh medali pada SEA Games 2019 di Filipina. Kemenpora memberikan bonus sebesar Rp500 juta untuk peraih medali emas perorangan, 300 juta peraih medali perak perorangan, dan 150 juta untuk peraih perunggu perorangan.

Bonus juga bervariasi diberikan kepada atlet beregu dan para pelatih.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bertengger di posisi empat dengan perolehan 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. (panji/rea)