Daftar Klub yang Lolos ke 32 Besar Liga Europa

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 06:50 WIB
Daftar Klub yang Lolos ke 32 Besar Liga Europa Arsenal menjadi salah satu wakil Inggris di 32 besar Liga Europa. (Glyn KIRK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar 32 klub yang akan berlaga di fase gugur Liga Europa sudah dipastikan menyusul berakhirnya babak grup, Kamis (12/12).

Klub Premier League Arsenal menjadi salah satu tim yang memastikan langkah pada hari terakhir matchday fase grup Liga Europa musim ini. Hasil imbang 2-2 melawan Standard Liege cukup bagi The Gunners menjadi juara Grup F.

Arsenal yang merupakan runner-up musim lalu menjadi salah satu dari tiga klub Liga Inggris yang memastikan langkah ke babak 32 besar Liga Europa. Manchester United dan Wolverhampton Wanderers menjadi dua tim asal Inggris lainnya.


Spanyol juga memiliki tiga wakil melalui Sevilla, Espanyol, dan Getafe. Begitu juga Jerman yang diwakili tiga klub: Eintracht Frankfurt, VfL Wolfsburg, dan Bayer Leverkusen.

Sporting salah satu dari empat klub Portugal di 32 besar Liga Europa.Sporting salah satu dari empat klub Portugal di 32 besar Liga Europa. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Italia hanya punya dua wakil, AS Roma dan Inter Milan, setelah Lazio dikalahkan Rennes 0-2 pada laga terakhir Grup H dan gagal lolos.

Daftar Klub yang Lolos 32 Besar Liga Europa
Negara yang paling banyak memiliki wakil di fase gugur Liga Europa adalah Portugal, yakni empat klub: FC Porto, Sporting Lisbon, SC Braga, dan Benfica.

[Gambas:Video CNN]
Fase gugur Liga Europa berisikan 24 klub yang lolos dari fase grup Liga Europa dan delapan klub peringkat tiga fase grup Liga Champions. Undian 32 besar Liga Europa akan digelar Senin (16/12).

Daftar 32 klub di fase gugur Liga Europa:

Grup A: Sevilla (juara grup), APOEL (runner-up)
Grup B: Malmo FF, Copenhagen
Grup C: Basel, Getafe
Grup D: LASK, Sporting CP
Grup E: Celtic, CFR Cluj
Grup F: Arsenal,Eintracht Frankfurt
Grup G: Porto, Rangers
Grup H: Espanyol, Ludogorets Razgrad
Grup I: Gent, VfL Wolfsburg
Grup J: Istanbul Basaksehir, AS Roma
Grup K: Braga, Wolverhampton Wanderers
Grup L: Manchester United, AZ Alkmaar

Peringkat tiga Liga Champions: Ajax Amsterdam, RB Salzburg, Inter Milan, Benfica, Bayer Leverkusen, Shakhtar Donetsk, Olympiakos, Club Brugge. (har/har)