Peluang Ginting Cetak Sejarah di BWF World Tour Finals

CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 15:25 WIB
Peluang Ginting Cetak Sejarah di BWF World Tour Finals Anthony Ginting berpeluang mencatat sejarah di BWF World Tour Finals. (dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anthony Ginting berhasil lolos ke final BWF World Tour Finals dan berpeluang mencetak sejarah di turnamen ini.

Keberhasilan Ginting membuat dirinya berpeluang menjadi juara nomor tunggal putra dari Indonesia sejak era Super Series Finals diperkenalkan pada 2008.

Sejak diperkenalkan pada 2008, belum ada pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang mampu menjadi juara di turnamen akhir tahun untuk para pebulutangkis terbaik tersebut.


Tak hanya nihil juara, pebulutangkis Indonesia juga minim masuk final di nomor tunggal putra. Sejak era Super Series Finals hingga World Tour Finals, hanya Tommy Sugiarto yang berhasil menjejakkan kaki ke babak final, yaitu pada edisi 2013. Saat itu Tommy harus puas jadi runner up karena kalah 10-21, 12-21 dari Lee Chong Wei.

[Gambas:Video CNN]
Ginting lolos ke babak final setelah mengalahkan Chen Long dengan skor 21-15, 21-15.

Ginting juga berpeluang membuat Indonesia memiliki juara dalam era BWF World Tour Finals. Pada tahun lalu, Indonesia nihil gelar. Indonesia bahkan tidak mampu menempatkan wakil di babak semifinal.

Peluang Ginting Cetak Sejarah di BWF World Tour Finals
Setelah Ginting lolos, Indonesia masih berharap memiliki wakil tambahan karena Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan baru bertarung pada sesi sore hari. (ptr/jun)