Ozil dan Masalah Muslim Uighur Jelang Arsenal vs Man City

CNN Indonesia | Minggu, 15/12/2019 12:57 WIB
Ozil dan Masalah Muslim Uighur Jelang Arsenal vs Man City Mesut Ozil (kiri) menunggah pernyataan mengecam China terkait masalah muslim Uighur. ((AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arsenal tak mau ikut campur terkait masalah unggahan gelandang Mesut Ozil di media sosial yang membela muslim Uighur di China jelang lawan Manchester City, Minggu (15/12).

Gelandang asal Jerman keturunan Turki tersebut mengutuk pemerintah China yang melakukan persekusi terhadap muslim Uighur. Pihak The Gunners pun menyatakan pendapat Ozil tak ada kaitannya dengan klub karena merupakan pandangan pribadi dari sang pemain.

"Terkait komentar yang dibuat Ozil di media sosial, Arsenal ingin meluruskan sesuatu."


"Konten yang diterbitkan Ozil merupakan pendapat pribadi. Sebagai klub sepak bola, Arsenal memegang teguh prinsip tidak melibatkan diri dalam politik," demikian pernyataan resmi Arsenal.

Masalah Ozil dan Muslim Uighur, Arsenal Tak Mau Ikut CampurMesut Ozil membela muslim Uighur di China. (Ian KINGTON / AFP)
Ozil sebelumnya mengecam pemerintah China yang dianggap menekan dan melakukan persekusi terhadap muslim Uighur dalam menjalankan keyakinan mereka.

Mantan pemain Real Madrid itu bahkan tidak menyebut nama Xinjiang yang merupakan provinsi tempat muslim Uighur, melainkan Turkistan Timur.

"Turkistan Timur, luka yang berdarah dari umat, mencoba melawan para persekutor yang berusaha memisahkan mereka dari agama."

"Mereka membakar Alquran, menutup masjid, menutup madrasah, dan membunuh para tokoh mereka [Uighur]. Para pria dipaksa tinggal dalam kamp dan keluarga mereka dipaksa tinggal dengan orang-orang China. Para wanitanya dipaksa menikah dengan orang-orang China," demikian pernyataan Ozil dalam akun Instagramnya.

Ozil dan Masalah Muslim Uighur Jelang Arsenal vs Man City
Ozil pernah memicu kontroversi dan mengundang kemarahan dari publik Jerman setelah foto bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Pemain tersebut akhirnya memutuskan mundur dari Timnas Jerman.

Arsenal akan menjamu Man City pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates malam ini. Arsenal saat ini berada di posisi sembilan klasemen sementara Premier League dengan 22 poin, tertinggal 27 poin atas Liverpool di puncak. (bac/har)