Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Champions

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 07:00 WIB
Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Champions Juara bertahan Liga Champions Liverpool akan menempati pot unggulan saat undian babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Kerstin Joensson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drawing atau undian babak 16 besar Liga Champions akan berlangsung pada Senin (16/12) siang waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Undian akan berlangsung di Nyon, Swiss.

Sebanyak 16 tim memastikan lolos ke fase gugur Liga Champions. Tim-tim itu akan dibagi ke dalam dua kategori yakni unggulan dan non-unggulan.

Delapan tim yang lolos sebagai juara grup yaitu Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, RB Leipzig, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Valencia.


Sedangkan tim-tim yang lolos karena menempati posisi kedua adalah Atalanta, Atletico Madrid, Chelsea, Borussia Dortmund, Lyon, Napoli, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Real Madrid akan jadi ancaman tim-tim unggulan karena hanya mampu lolos sebagai runner up grup Liga Champions. (AP Photo/Alvaro Barrientos)
Tim-tim yang masuk daftar unggulan adalah delapan kesebelasan yang keluar sebagai juara grup. Kedelapan tim ini akan dipertemukan dengan delapan tim yang lolos lewat jalur runner-up.

Meski demikian ada aturan khusus untuk undian babak 16 besar. Tim yang berada satu grup di penyisihan dan tim dari negara yang sama tidak boleh langsung bertemu.

Dua aturan tersebut baru tidak berlaku saat fase gugur Liga Champions berlanjut ke perempat final.

Setelah dilakukan undian, tim-tim yang lolos dengan status runner up akan lebih dulu bertindak sebagai tamu pada leg pertama babak 16 besar. Berikutnya giliran juara grup yang menjamu tim yang lolos sebagai runner up di leg kedua.

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada 18,19,25, dan 26 Februari. Sementara leg kedua berlangsung 10,11, 17, dan 18 Maret.

[Gambas:Video CNN]
POT UNGGULAN

Barcelona (Spanyol, juara grup F)
Bayern Munchen (Jerman, juara grup B
Juventus (Italia, juara grup D)
RB Leipzig (Jerman, juara grup G)
Liverpool (Inggris, juara grup E)
Manchester City (Prancis, juara grup A)
Paris Saint-Germain (Spanyol, juara grup H)
Valencia

POT NON-UNGGULAN

Atalanta (Italia, runner up grup C)
Atletico Madrid (Spanyol, runner up grup D)
Chelsea (Inggris, runner up grup H)
Dortmund (Jerman, runner up grup F)
Lyon (Prancis, runner up grup G)
Napoli (Italia, runner up grup E)
Real Madrid (Spanyol, runner up grup A)
Tottenham Hotspur (Inggris, runner up grup B) (jal/sry)