4 Kontroversi Ozil di Arsenal Musim Ini

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 10:57 WIB
4 Kontroversi Ozil di Arsenal Musim Ini Mesut Ozil akrab dengan kontroversi di Arsenal. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang serang Arsenal, Mesut Ozil kian akrab dengan kontroversi ketimbang prestasi di lapangan hijau pada musim ini.

Pemain berusia 31 itu kembali berulah saat The Gunners dipecundangi Manchester City 0-3 pada pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Emirates, Minggu (15/12).

Ozil emosi saat ditarik keluar oleh manajer interim Fredrik Ljunberg. Mantan pemain Real Madrid itu tampak tidak terima dengan keputusan manajer yang untuk sementara menggantikan posisi Unai Emery.


Aksi terbaru ini melengkapi cerita tak mengenakkan Ozil sepanjang musim ini. Berikut empat kontroversi yang melingkupi Ozil pada musim ini:

1. Mengamuk di Laga Kontra Man City

Ozil tampil mengecewakan sepanjang babak pertama melawan Man City. Di babak kedua performanya tak kunjung membaik sehingga digantikan oleh Emile Smith Rowe pada menit ke-59.

4 Kontroversi Ozil di Arsenal Musim IniPerforma Mesut Ozil di Arsenal terus menurun. (AP Photo/Frank Augstein)
Ozil tampak emosi saat berjalan menuju bangku cadangan. Pemain berusia 31 itu melepas sarung tangan dan menendang sarung tangan tersebut.

Saat duduk di bangku cadangan, Ozil juga tampak gusar. Sorot matanya memperlihatkan sang pemain tidak suka dengan keputusan Ljunberg.

2. Posting Soal China

Ozil mengunggah tulisan mengenai pemerintah China yang dianggap menekan dan mempersekusi muslim Uighur dalam menjalankan keyakinannya di media sosial Twitter dan Instagram pada Jumat (13/12).

[Gambas:Video CNN]
Ozil memilih menggunakan nama Turkistan Timur, bukan Xinjiang, yang merupakan provinsi tempat muslim Uighur.

Akibat postingan tersebut, stasiun televisi pemerintah China, CCTV, disebut tidak akan menyiarkan langsung pertandingan Arsenal vs Man City. Ozil disebut telah mengecewakan fan dan otoritas sepak bola China.

3. Maki-maki Lacazette

Satu pekan sebelum murka di laga Arsenal vs Man City, Ozil melontarkan kata-kata kasar kepada rekan setim, Alexandre Lacazette.

Aksi tak simpatik Ozil yang terekam kamera itu terjadi saat Arsenal takluk 1-2 dari Brighton & Hove Albion. Ozil tampak tidak senang usai Arsenal di luar dugaan takluk dari Brighton.

4 Kontroversi Ozil di Arsenal Musim Ini
Namun, murka Ozil itu diabaikan oleh Lacazette yang memilih langsung berjalan menuju ruang ganti tim.

4. Kontroversi Kapten Tim

Ozil termasuk dalam daftar lima kapten tim Arsenal di era Unai Emery pada awal musim ini. Ozil disebut masuk dalam daftar lima pemain dengan suara terbanyak untuk mengemban tugas tersebut.

Namun beberapa pemain tidak terlalu yakin bahwa Ozil masuk daftar teratas. Munculnya nama Ozil disebut karena Emery ingin menghindari masalah.

Kesan itu semakin kentara karena Emery tidak secara transparan menunjukkan hasil pemungutan suara tersebut. (jal/sry)