9 Fakta Jelang Drawing 16 Besar Liga Champions

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 16:08 WIB
9 Fakta Jelang Drawing 16 Besar Liga Champions Ilustrasi Bayern Munchen di Liga Champions. (AP Photo/Matt Dunham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drawing babak 16 besar Liga Champions musim 2019/2020 akan berlangsung di Nyon, Swiss, Senin (16/12).

Duel tim-tim dengan nama besar berpotensi tercipta. Sesuai regulasi 16 tim itu akan dibagi ke dalam dua kategori yakni unggulan dan non-unggulan.

Delapan tim yang lolos sebagai juara grup yaitu Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, RB Leipzig, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Valencia.


Sedangkan tim-tim yang lolos karena menempati posisi kedua adalah Atalanta, Atletico Madrid, Chelsea, Borussia Dortmund, Lyon, Napoli, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Berikut fakta menarik jelang drawing babak 16 besar Liga Champions yang akan berlangsung pukul 18.00 WIB:

Ansu Fati jadi pencetak gol termuda di Liga Champions. (AP Photo/Joan Monfort)
1. Sebanyak 308 gol tercipta dari 96 pertandingan yang berlangsung di fase grup. Rata-rata gol yang tercipta dalam sebuah pertandingan mencapai angka 3,21.

2. Dari 308 gol yang tercipta di fase grup, jumlah gol paling banyak tercipta dari menit ke-61 hingga 75 dengan 62. Sedangkan jumlah gol paling sedikit terjadi pada masa injury time babak pertama (4 gol).

3. Bayern Munchen jadi satu-satunya tim di fase grup Liga Champions yang berhasil menyapu bersih enam kemenangan. Bayern juga jadi tim paling produktif dengan mencetak 24 gol.

[Gambas:Video CNN]
4. Penyerang Bayern Munchen Robert Lewandowski jadi pemain paling produktif dengan mencetak 10 gol dari lima laga. Sembilan gol dicetak pemain asal Polandia menggunakan kaki kanan dan satu dari sundulan.

5. Gol ke gawang Inter Milan pada matchday keenam menempatkan wonderkid Barcelona, Ansu Fati sebagai pencetak termuda di Liga Champions. Ansu Fati mencetak gol tersebut pada usia 17 tahun 40 hari.

6. Liverpool jadi tim dengan total percobaan umpan terbanyak yakni 4.385 kali dan 3.753 di antaranya berhasil. The Reds diikuti Manchester City dengan 4.327 umpan (3.833 sukses) dan Bayern Munchen yang membukukan 4.228 umpan (3.714 sukses).

7. Dua tim besar asal Spanyol, Barcelona dan Real Madrid jadi tim terbanyak tampil di babak gugur Liga Champions. Kedua tim sudah 24 kali lolos ke fase knockout.

8. Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi 89 penampilan di Liga Champions. CR7 terpaut lima penampilan dari rekor penampilan terbanyak yang dimiliki Iker Casillas (94 kali).

9. Untuk pertama kali sepanjang sejarah kontestan 16 besar Liga Champions berasal dari lima kompetisi top Eropa. Inggris dan Spanyol mengirimkan wakil paling banyak dengan empat tim, Italia dan Jerman menempatkan tiga wakil serta Jerman dengan dua wakil. (jal/sry)