Kontroversi El Clasico: Wasit Tak Beri Penalti Hingga VAR

CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 07:14 WIB
Kontroversi penalti dan video assistant referee (VAR) mewarnai pertandingan Barcelona vs Real Madrid yang dimainkan di Stadion Camp Nou. Sejumlah kontroversi mewarnai laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontroversi penalti dan video assistant referee (VAR) mewarnai pertandingan Liga Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid yang dimainkan di Stadion Camp Nou, Kamis (19/12) dini hari WIB.

Pertandingan El Clasico menghadirkan duel terbuka. Madrid yang berstatus sebagai tim tamu bahkan terlihat cukup agresif. El Real bahkan tercatat memiliki peluang lebih dahulu dalam pertandingan tunda ini.

Menghadapi Madrid yang berani bermain ofensif, Barcelona berupaya meredam pergerakan-pergerakan para pemain Madrid sehingga menyebabkan pelanggaran di kotak penalti.


Pelanggaran yang dilakukan pemain Barca tidak berbuntut tendangan penalti karena wasit Alejandro Hernandez mengabaikannya. Wasit FIFA itu juga tidak melihat VAR untuk memastikan pelanggaran.

Barcelona bermain imbang tanpa gol lawan Real Madrid. (Barcelona bermain imbang tanpa gol lawan Real Madrid. (AP Photo/Joan Monfort)
Pelanggaran di kotak penalti Barcelona yang dilewatkan begitu saja oleh Hernandez tidak hanya terjadi sekali.

Yang pertama pada menit ke-18 Clement Lenglet mengangkat kaki ke paha Raphael Varane yang membuat pul sepatu bek Blaugrana itu menggasak kulit bek Los Blancos.

Tidak berselang berapa lama, Varane kembali menjadi sasaran pemain lawan. Kali ini Ivan Rakitic yang menarik baju Varane dan menyebabkan bek Prancis itu terjatuh bersama Gareth Bale.

Kontroversi El Clasico: Wasit Tak Beri Penalti Hingga VAR
Wasit Hernandez baru menggunakan VAR untuk mengecek keabsahan gol Bale pada menit ke-72. Melalui bantuan VAR terlihat Ferland Mendy yang berperan sebagai pengumpan bola kepada Bale sudah lebih dulu offside.

[Gambas:Video CNN] (nva/sry)