Madrid Bikin Barcelona Jadi 'Tim Tamu' di El Clasico

CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 14:47 WIB
Madrid Bikin Barcelona Jadi 'Tim Tamu' di El Clasico Sergio Ramos dan kawan-kawan tampil apik di El Clasico. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid sukses membuat Barcelona menjadi 'tim tamu' di laga El Clasico di Stadion Camp Nou, Kamis (19/12) dini hari WIB.

Laga kandang tersebut merupakan modal bagi Barcelona guna meraih kemenangan atas Madrid dan menjauh dari kejaran rival utamanya itu di Liga Spanyol musim ini.

Tetapi, pada kenyataannya justru Los Blancos yang membuat Blaugrana kalah dalam banyak hal di laga tersebut. Barcelona yang semestinya tampil impresif justru lebih banyak ditekan Madrid layaknya tim tamu.


Dikutip dari Marca, tim asuhan Ernesto Valverde itu kalah dalam enam aspek dari pasukan Zinedine Zidane di El Clasico edisi pertama musim ini.

Madrid yang tampil pincang lantaran sejumlah pemain utamanya cedera memiliki tembakan lebih banyak dibanding Barcelona.

Madrid lebih banyak melepaskan tembakan ke gawang Barcelona.Madrid lebih banyak melepaskan tembakan ke gawang Barcelona. (AP Photo/Joan Monfort)
Di El Clasico yang digelar di Camp Nou, Madrid melepaskan 11 tembakan dengan empat di antaranya tepat sasaran, sedangkan Barcelona hanya lima tembakan dengan dua on target.

Dominasi Madrid dalam serangan di El Clasico terlihat pada jumlah tendangan sudut. Klub ibu kota tiga kali lebih banyak dari Barcelona, dengan enam berbanding dua sepak pojok.

[Gambas:Video CNN]
Karim Benzema dan kawan-kawan juga lebih banyak memainkan bola di area pertahanan Barcelona dengan 60 persen selama 90 menit permainan.

Madrid mencoba membongkar pertahanan Barcelona lewat serangan dari sisi sayap. Marca mencatat Madrid 32 kali melepaskan umpan silang, sedangkan Barcelona hanya delapan kali.

Madrid Bikin Barcelona Jadi 'Tim Tamu' di El Clasico
Akurasi operan tim tamu juga lebih bagus daripada tuan rumah. Madrid memiliki 88,3 persen akurasi, dibanding Barcelona dengan 87,2 persen.

Barcelona yang semestinya tampil spartan di depan publik sendiri justru kalah ngotot dari Madrid. Sergio Ramos dan kawan-kawan 55 kali merebut kembali bola, sementara klub Catalunya itu hanya 51 kali. (sry/jun)