Kurniawan Resmi Latih Klub Malaysia Sabah FA

CNN Indonesia | Jumat, 20/12/2019 16:54 WIB
Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Kurniawan Dwi Yulianto, dikontrak sebagai pelatih klub Malaysia Sabah FA. Kurniawan Dwi Yulianto jadi pelatih Sabah FA. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Kurniawan Dwi Yulianto, resmi menjadi pelatih klub asal Malaysia, Sabah FA. Hal itu diungkapkan Kurniawan melalui media sosial Instagram, Jumat (20/12).

Kurniawan mengungkapkan sebenarnya ada beberapa klub yang mendekatinya. Selain Sabah FA, ada pula klub dari Indonesia yang enggan ia sebut namanya.

Namun, pilihan jatuh kepada Sabah FA yang disebut lebih serius untuk meminangnya sebagai pelatih kepala.


"Karena memang selama ini yang serius kontak ke saya Sabah. Ini [pendekatan] sudah berlangsung beberapa bulan lalu. Tapi waktu itu saya sampaikan kalau saya masih terikat kontrak dengan PSSI sampai SEA Games di Desember 2019. Kalau mau serius, tunggu saya setelah kontrak habis," kaya Kurniawan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (20/12).

Kurniawan Dwi Yulianto bertugas sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Kurniawan mengaku dalam klausul kontrak dengan PSSI disebut akan ada pembicaraan opsi perpanjangan satu bulan sebelum kontrak habis. Namun, sampai kontrak habis belum ada pembicaraan terkait perpanjangan kontraknya bersama Timnas Indonesia U-23.

Hal itu pula yang membulatkan tekad Kurniawan berkarier sebagai pelatih tim promosi di Malaysia Super League itu musim depan.

[Gambas:Video CNN]
"Tapi karena saya sangat menghormati kontrak dengan PSSI, maka saya baru mau bicara dengan klub-klub yang memberikan penawaran setelah kontrak habis," ujarnya.

Sabah FA menunjukkan keseriusan dengan mendatangi Kurniawan untuk membicarakan kontrak, Kamis (19/12) malam. Kurniawan yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu juga sudah melakukan pemaparan program pada klub yang promosi usai jadi juara Malaysia Premier League 2019.

Kurniawan atau yang dikenal dengan sebutan 'Si Kurus' dikontrak selama satu musim kompetisi dengan opsi perpanjangan. Ini jadi kali pertama bagi Kurniawan menjadi pelatih di klub setelah memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2013 lalu.

"Ini juga jadi tantangan buat pribadi saya, karena saya bisa melatih di luar negeri. Ini jadi kali pertama saya menjadi pelatih kepala klub dan di luar negeri. Saya memulai awal karier bermain sepak bola di luar negeri [klub asal Swiss, FC Luzern pada 1994-1995]. Sekarang saya mengawali karier sebagai pelatih juga di luar negeri," jelas Kurniawan.

Kurniawan akan berkolaborasi dengan pelatih fisik asal Indonesia, Sofie Imam Faisal. Imam pernah jadi asisten pelatih Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-16.

Kurniawan jadi pelatih kedua asal Indonesia yang berkarier di Negeri Jiran. Legenda Timnas Indonesia itu mengikuti jejak Rahmad Darmawan yang pernah berkarier sebagai pelatih T-Team FC. (TTF/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK