Rossi Ungkap Tanda-tanda Pensiun dari MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 24/12/2019 11:35 WIB
Rossi Ungkap Tanda-tanda Pensiun dari MotoGP Valentino Rossi berpeluang pensiun usai MotoGP 2020. (Tiziana FABI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi mengungkapkan tanda-tanda pensiun usai MotoGP 2020. The Doctor mengatakan lebih baik tidak memperpanjang kontrak jika masih tampil seperti musim 2019.

Kontrak Rossi dengan Yamaha akan berakhir usai MotoGP 2020. Pebalap asal Italia itu akan berulang tahun ke-41 pada Februari 2020 dan sedang dalam posisi mempertimbangkan masa depan di MotoGP.

"Tahun depan akan penting. Pada akhir musim 2020 kontrak saya akan berakhir, jadi saya harus memutuskan apa yang akan saya lakukan, apakah lanjut atau tidak," ujar Rossi dikutip dari Motorsport.


Rossi melakukan perubahan penting memasuki MotoGP 2020, yakni mengganti kepala mekanik dari Silvano Galbusera ke David Munoz. Juara dunia Grand Prix sembilan kali itu berharap perubahan signifikan bisa membawa hasil positif.

Valentino Rossi masih memiliki kontrak satu musim dengan Yamaha.Valentino Rossi masih memiliki kontrak satu musim dengan Yamaha. (JOSE JORDAN / STR / AFP)
Rossi mengatakan jika tidak ada perbaikan prestasi di MotoGP 2020, mantan pebalap Honda dan Ducati itu lebih memilih pensiun akhir musim depan.

"Secara logika, keputusan untuk lanjut atau tidak akan banyak bergantung dari hasil. Kami sudah melakukan perubahan dalam tim, jadi kita akan lihat apakah kami bisa lebih kompetitif atau lebih cepat," ucap Rossi.

Rossi Ungkap Tanda-tanda Pensiun dari MotoGP
"Bagi saya untuk memperpanjang kontrak, kami harus lebih kuat daripada musim lalu. Jika tidak, lebih baik saya tidak melakukan perpanjangan kontrak," ujar Rossi.

Rossi sendiri yakin bisa tampil lebih cepat di MotoGP 2020 jika Jorge Lorenzo mau menerima tawaran menjadi pebalap tes Yamaha. Kehadiran Lorenzo diyakini Rossi akan membuat sepeda motor M1 Yamaha semakin kompetitif.

[Gambas:Video CNN]
"Jika kami bisa membawa dia [Lorenzo] kembali ke M1, dia akan membuatnya semakin kuat. Masalahnya dia ingin uang banyak dan untuk Yamaha ini sedikit sulit. Saya ingin Lorenzo menjadi pebalap tes, karena dia pebalap yang cepat dan bisa membantu kami," ucap Rossi.

Rossi mengalami musim terburuk di MotoGP bersama Yamaha musim lalu. The Doctor tidak pernah meraih kemenangan dan finis di posisi 7 klasemen akhir MotoGP 2019. (har/nva)