Shin Tae Yong Bikin Pelatih-pelatih Asia Timur Kuasai ASEAN

CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 21:06 WIB
Shin Tae Yong Bikin Pelatih-pelatih Asia Timur Kuasai ASEAN Shin Tae Yong bikin pelatih asal negara Asia Timur Kuasai ASEAN. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terpilihnya Shin Tae Yong jadi pelatih Timnas Indonesia membuat pelatih-pelatih asal negara-negara Asia Timur menjadi pilihan bagi mayoritas tim nasional putra senior di kawasan Asia Tenggara.

Dari 12 anggota Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) ada enam negara yang ditangani juru latih asal Asia Timur. Tercatat ada empat pelatih asal Jepang dan dua pelatih dari Korea Selatan.

Sebelum Indonesia mendatangkan Shin Tae Yong, Vietnam lebih dulu menggunakan jasa Park Hang Seo. Mantan pelatih timnas Korsel U-23 di Olimpiade 2002 itu menangani skuat The Golden Dragons pada 2017.


Bersama Hang Seo, Vietnam menjelma menjadi salah satu kekuatan sepak bola Asia dengan menjadi runner up Piala Asia U-23 2018 dan semifinalis Asian Games 2018.

Thailand yang sebelumnya kerap mengandalkan pelatih lokal atau Eropa juga mengalihkan kepercayaan kepada pelatih Asia. Akira Nishino, pelatih asal Jepang dipercaya menjadi arsitek tim Gajah Perang pada Juli 2019.

Park Hang Seo, pelatih Vietnam asal Korea Selatan.Park Hang Seo, pelatih Vietnam asal Korea Selatan. (Nhac NGUYEN / AFP)
Pada pertengahan tahun ini Singapura juga memberi tongkat estafet pelatih timnas kepada Tatsuma Yoshida asal Jepang.

[Gambas:Video CNN]
Negara termuda di Asia Tenggara, Timor Leste, lebih dulu mempekerjakan pelatih Jepang. Norio Tsukitate sempat menjadi pelatih timnas Timor Leste U-19 pada 2013 dan kemudian menangani timnas Timor Leste senior pada 2018.

Pelatih-pelatih Asia Timur Kuasai ASEAN
Sementara Kamboja mendapat arahan dari mantan bintang tim Samurai Biru, Keisuke Honda. Namun posisi Honda di Kamboja tidak selayaknya pelatih pada umumnya karena masih bermain dan kerap meninggalkan tim serta mendelegasikan tugas kepada Felix Dalmas.

Di luar enam negara yang memilih pelatih asal Asia Timur, Australia dan Malaysia yang ditangani pelatih lokal. Sedangkan Brunei, Filipina, dan Myanmar menggunakan tenaga Eropa. Hanya Laos yang menugaskan pelatih asal negara Asia Tenggara lain.

Daftar Pelatih Timnas Putra Senior Negara Asia Tenggara:

Australia: Graham Arnold (Australia)
Brunei Darussalam: Paul Smalley (Inggris)
Filipina: Goran Milojevic (Serbia)
Indonesia: Shin Tae Yong (Korea Selatan)
Kamboja: Keisuke Honda (Jepang) - Felix Dalmas (Argentina)
Laos: V Sundramoorthy (Singapura)
Malaysia: Tan Cheng Hoe (Malaysia)
Myanmar: Antoine Hey (Jerman)
Singapura: Tatsuma Yoshida (Jepang)
Thailand: Akira Nishino (Jepang)
Timor-Leste: Norio Tsukitate (Jepang)
Vietnam: Park Hang Seo (Korea Selatan) (nva/ptr)