Senyum Sarat Makna Shin Tae Yong Jelang Resmi Latih Timnas

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 21:04 WIB
Calon pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menandai perjumpaan awal dengan awak media dengan senyum sarat makna, Jumat (27/12). Shin Tae Yong bakal diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Sabtu (28/12)JUNG Yeon-Je / AFP
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menandai perjumpaan awal dengan awak media dengan senyum sarat makna, Jumat (27/12).

Senyum tersebut bisa jadi penanda positif hasil pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Hotel Mulia, Senayan, Jumat (27/12). Finalisasi kontrak jadi pembahasan utama.

Shin Tae Yong menyambut awak media dengan senyum merekah usai pertemuan dengan PSSI. Meski sempat dihalangi pejabat PSSI, pelatih asal Korea Selatan itu membalas media dengan ramah dan bersahabat.


Kehadiran wartawan yang sengaja menunggu pelatih 49 tahun itu sempat diadang Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto, yang melebarkan tangannya untuk menghalang-halangi wartawan mendekati Shin Tae Yong.

"Dari mana kalian? Siapa yang undang kalian," ucap Iwan Budianto spontan.

Shin Tae Yong justru tak merasa terganggu dan membalas kehadiran media dengan ramah. Pelatih yang pernah membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di fase grup Piala Dunia 2018 itu sama sekali terlihat tidak canggung saat bertemu wartawan.

[Gambas:Video CNN]
Akhirnya, Ketua PSSI Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule mengizinkan media melakukan dua sesi foto bersama Tae Yong.

Pertama, pose ketika Iwan Bule menggunakan jas berwarna hitam dan Shin Tae Yong mengenakan jas berwarna abu-abu.

Pose kedua, Iwan Bule meminta pose ketika ia melepas jasnya. ia hendak menunjukkan kemeja putih dengan motif garis merah di bagian kerah dan lengannya kepada Tae Yong.

"Ini Indonesia," kata Iwan Bule sambil menunjukkan lambang bendera Merah Putih di bagian lengan kanan kemejanya kepada Shin Tae Yong.

Senyum Merekah Shin Tae Yong Jelang Resmi Jadi Pelatih Timnas
Setelah sesi foto, Iwan Bule enggan untuk menjawab sejumlah pertanyaan wartawan terkait peresmian Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia menyebut baru bakal membeberkan semuanya pada saat perkenalan di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12).

Sekjen PSSI Rati Tisha juga sempat memperkenalkan Shin Tae Yong kepada para awak media yang datang. Termasuk di dalamnya CNNIndonesia.com.

"Mereka adalah jurnalis yang sering meliput Timnas. Anda akan sering bertemu dengan mereka nanti," ucap Tisha kepada Shin Tae Yong.

Ucapan Tisha sekaligus memperjelas status Shin Tae Yong buat Timnas Indonesia. Pelatih yang berperan sebagai gelandang serang ketika masih menjadi pemain itu pun dengan ramah meladeni beberapa pertanyaan ringan, meskipun sempat dihalangi Sekjen yang meminta wartawan untuk menyudahi pertanyaan.

Senyum Merekah Shin Tae Yong Jelang Resmi Jadi Pelatih TimnasShin Tae Yong bertemu dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan. (CNNIndonesia/Titi Fajriah)
Pertanyaan yang sempat dijawab Shin Tae Yong adalah menyoal kemungkinan kendala bahasa saat melatih Timnas Indonesia. Namun, ia menyebut bakal mempelajari bahasa Indonesia secara perlahan sambil dibantu penerjemah.

"Ya saya akan belajar bahasa Indonesia pelan-pelan. Ya saya bisa bilang, Terima kasih," ujar Shin Tae Yong sambi tersenyum saat diminta menyebut satu kata dalam bahasa Indonesia.

Sebelum berpisah, Shin Tae Yong mengatakan bakal kembali bertemu dengan awak media di Stadion Pakansari, besok. Ia juga mengatakan bakal pulang lebih dulu ke Korea Selatan sebelum memulai tugasnya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

"Saya akan ada di Stadion Pakansari. Setelah itu, malamnya saya akan pulang dulu [ke Korea Selatan]. Sampai jumpa," sebutnya sambil kembali melemparkan senyum kepada wartawan.

Santer dikabarkan Shin Tae Yong bakal dikontrak selama tiga tahun di Timnas Indonesia. Nantinya, ia akan didampingi empat asisten pelatih di mana dua di antaranya adalah pelatih lokal Seto Nurdiantoro dan Indra Sjafri. (TTF/jun)