PSSI Minta Shin Tae Yong Cepat Belajar Bahasa Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 21:45 WIB
PSSI Minta Shin Tae Yong Cepat Belajar Bahasa Indonesia PSSI akan kabulkan permintaan Shin Tae Yong. (ANTARA FOTO ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua PSSI Mochammad Iriawan mengatakan akan mengabulkan semua permintaan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong, termasuk agar cepat belajar bahasa Indonesia.

PSSI berupaya kooperatif dengan Shin Tae Yong guna mewujudkan ambisi memiliki Timnas Indonesia yang berprestasi.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Shin Tae Yong perlu lebih dahulu menyesuaikan diri dengan baik kepada para pemain Timnas Indonesia. Salah satunya lewat komunikasi.


"Apa yang diminta Shin akan saya kasih. Seperti dia akan belajar bahasa Indonesia secepatnya. Saya akan berikan guru les paling bagus," ujar Iwan Bule kepada wartawan.

"Saya minta dia segera beradaptasi, sehingga bicara ke publik, pemain, [staf] pelatih jadi lebih cepat. Walaupun dengan bahasa [sepak] bola bisa dimengerti," ucap Iwan Bule melanjutkan.

Shin Tae Yong diminta adaptasi dengan cepat terhadap pemain-pemain Indonesia.Shin Tae Yong diminta adaptasi dengan cepat terhadap pemain-pemain Indonesia. (ANTARA FOTO ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Untuk sementara, saat bertugas di Timnas Indonesia nanti Shin Tae Yong akan dibantu penerjemah yang didatangkan langsung dari Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]
"Hari ini [dia] bisa mengucapkan selamat siang dan selamat makan," tutur Iwan Bule.

PSSI Minta Shin Tae Yong Cepat Belajar Bahasa Indonesia
Shin Tae Yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia usai penandatanganan kontrak di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12). Bersama Timnas Indonesia, Shin Tae Yong dikontrak selama empat tahun hingga 2023 mendatang.

Menurut PSSI, tugas utama mantan pelatih timnas Korea Selatan itu adalah memperbaiki performa dan pencapaian Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang menyisakan tiga pertandingan. Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup G tanpa meraih poin dari lima pertandingan. (TTF/sry)