Shin Tae Yong Seleksi 60 Pemain Timnas Indonesia pada Januari

CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 20:03 WIB
Shin Tae Yong Seleksi 60 Pemain Timnas Indonesia pada Januari Shin Tae Yong akan seleksi pemain Timnas Indonesia pada 13 Januari. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, akan menyeleksi 60 pemain pada Januari 2020 untuk membentuk Tim Merah Putih era baru.

Usai penandatanganan kontrak dengan PSSI di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12), Shin Tae Yong tidak langsung bekerja. Pelatih 50 tahun itu lebih dahulu pulang ke negara asalnya, Korea Selatan. Ia dijadwalkan baru bakal kembali ke Indonesia pada 6 Januari 2020.

"Pada 13 Januari saya akan mengumpulkan 60 pemain. Saya akan memilih mana yang paling bagus dari 60 pemain itu untuk masuk ke Timnas Indonesia," kata Shin Tae Yong kepada media saat perkenalan.


Di era baru Timnas Indonesia nanti mantan pelatih Seongnam FC itu menuturkan akan menggabungkan pemain senior dengan Timnas Indonesia U-23.

Shin Tae Yong mengaku sudah memiliki data hasil analisis para pemain Timnas Indonesia. Namun, ia memilih menyimpan rapat data itu dan menunggu hasil pantauan langsung kepada pemain-pemain tersebut.

Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 akan digabungkan dengan senior untuk seleksi Januari nanti.Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 akan digabungkan dengan senior untuk seleksi Januari nanti. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj)
Di kesempatan yang sama Shin Tae Yong mengatakan pemain Indonesia yang berkarier di Eropa belum tentu memiliki kualitas lebih bagus ketimbang yang tampil di kompetisi lokal.

"Setelah melihat saya akan memilih mana pemain yang paling bagus. Setiap pemain punya kemampuan yang berbeda," ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

[Gambas:Video CNN]
"Saya akan kombinasikan pemain senior dengan U-23 supaya bisa mendapatkan hasil terbaik. Saat ini saya belum bisa katakan bagaimana kemampuan satu pemain, saya baru bisa memberikan pemain setelah saya bertemu mereka," ucap Shin Tae Yong menjelaskan.

Sementara itu, Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule memuji semangat Shin Tae Yong yang ingin segera bertugas di Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong Seleksi 60 Pemain Timnas Indonesia pada Januari
Selain mengumpulkan pemain senior, Shin Tae Yong juga akan mengumpulkan pemain-pemain Timnas Indonesia U-20 yang akan dipersiapkan ke Piala Asia U-20 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Setelah dia datang tanggal 6 [Januari], tanggal 13 [Januari] dia akan kumpulkan pemain senior, Timnas Indonesia U-23 dan U-20," tutur Iwan Bule.

"Itu saja sudah luar biasa, baru datang sudah kumpulkan pemain. Untuk tahap awal, dia sudah mau tahu pemain secara langsung, walaupun dia sudah tahu Osvaldo [Haay], Egy [Maulana Vikri] tapi dia belum mau bicara kalau belum ketemu orangnya," kata Iwan Bule menambahkan. (TTF/sry)