Misteri Kondisi Schumacher di Ulang Tahun ke-51

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 14:55 WIB
Hari ini bertepatan dengan ulang tahun Michael Schumacher, legenda balap Formula 1 yang rekor prestasinya belum terkalahkan. Michael Schumacher ulang tahun ke-51 hari ini. (AFP PHOTO / POOL / Manu Fernandez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Michael Schumacher adalah seorang legenda balap Formula 1 yang rekor prestasinya belum terkalahkan. Namun enam tahun berlalu sejak insiden kecelakaan ski yang dialaminya, tidak ada yang tahu keberadaan maupun kondisinya.

Sejarah mencatat, pebalap kelahiran Hurth, Jerman Barat, 3 Januari 1969 itu menjadi satu-satunya pebalap Formula 1 yang mampu meraih tujuh gelar juara dunia sepanjang kariernya. Yakni ketika back to back pada 1994, 1995 serta lima gelar berturut mulai 2000 sampai 2004.

Dari total 306 balapan yang diikuti, Schumacher meraih total 91 kemenangan Grand Prix dengan 155 kali podium di ajang balapan jet darat. Ia juga menjadi pebalap tersukses dalam sejarah Formula 1 sebagai pemegang rekor sebagai pebalap tercepat (77 kali) sekaligus pebalap yang paling banyak memenangkan seri balapan dalam satu musim (13 kali).


Catatan-catatan prestasi itu belum mampu diraih pebalap yang saat ini mengikuti jejaknya seperti Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. Hanya Hamilton yang mendekati catatan gelar juara dunianya lewat enam kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018 dan 2019).

Sebanyak 84 kemenangan dan 151 podium diraih Hamilton juga mulai mendekati Schumi, sapaan akrab pebalap yang namanya besar bersama Benetton dan Ferrari tersebut.

Kondisi Michael Schumacher hingga kini masih misteri. (Kondisi Michael Schumacher hingga kini masih misteri. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
Sedangkan Vettel baru meraih empat gelar juara dunia (2010, 2011, 2012 dan 2013) serta menang di 53 seri balapan.

Schumacher mengakhiri karier untuk kedua kalinya pada akhir musim Formula 1 2012 ketika usianya 43 tahun dan masih tercatat sebagai pebalap dengan statistik terbaik yang pernah ada. Tidak ada kata lain selain sempurna buat prestasi Schumacher.

Kehidupan di luar arena balap pun terbilang sempurna. Uang yang banyak, keluarga bahagia bersama sang istri, Corinna Betsch yang dikaruniai dua orang anak, Gina-Marrie dan Mick Schumacher.

Tetapi kurang dari setahun kemudian, Schumacher mengalami kecelakaan ketika tengah berlibur bersama keluarganya dengan bermain ski di sebuah resort bernama Méribel di kawasan Pegunungan Alpen, Prancis pada 29 Desember 2013. Kepalanya terbentur batu ketika tengah bermain ski yang membuatnya mengalami cedera otak parah.

Schumacher yang saat bermain ski mengenakan helm dilaporkan pingsan saat diterbangkan ke rumah sakit setempat. Dia dilaporkan ditempatkan dalam kondisi koma sebelum dia dipindahkan ke Rumah Sakit Universitas Grenoble dan dokter mengatakan dia membutuhkan operasi bedah saraf secepatnya.

Michael Schumacher, Legenda F1 yang Masih Misteri
Pada 30 Desember 2013, kondisi Schumacher sempat dikabarkan kritis setelah menjalani operasi otak kedua. Sehari kemudian, ia sempat dikabarkan membaik meski belum bisa dikatakan keluar dari masa-masa kritisnya.

Agen Schumacher, Sabine Kehm, mendesak jurnalis yang ingin mengetahui kondisi Schumacher untuk menghormati privasi keluarga.

Sejak saat itu, tidak banyak kabar yang diperoleh tentang kondisi sang legenda. Keluarganya menutup rapat perkembangan kondisi terkini Schumacher berikut dengan tahapan pemulihan yang telah dijalaninya.


Kehm hanya sesekali merilis pernyataan soal kesehatannya. Meski semuanya tetap menjadi rahasia keluarga yang dijaga ketat.

Hari ini, 3 Januari 2020 tepat hari ulang tahun Michael Schumacher ke-51. Tak ada yang tahu kondisi dan keberadaanya yang kian menjadi mesteri selama enam tahun terakhir.

Selamat ulang tahun legenda Formula 1, Michael Schumacher! (TTF/har)