Tensi AS-Iran Memanas, The Yanks Batal TC di Timur Tengah

CNN Indonesia | Sabtu, 04/01/2020 17:38 WIB
Tensi AS-Iran Memanas, The Yanks Batal TC di Timur Tengah Timnas Amerika Serikat membatalkan rencana TC di Timur Tengah. (Dilip Vishwanat/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Amerika Serikat (AS) membatalkan rencana training camp (TC) di Qatar seiring memanasnya situasi di Timur Tengah usai tewasnya komandan Pasukan Quds Angkatan Bersenjata Iran, Qasem Soleimani.

Federasi Sepak Bola AS (USSF) mengumumkan keputusan tersebut pada Jumat (3/1) malam waktu setempat. Pengumuman itu kurang dari 24 jam setelah serangan udara AS di Bandara Baghdad, Irak, yang menewaskan Soleimani.

Ia tewas saat pesawat yang ia tumpangi tertembak roket tak lama setelah mendarat di Bandara Baghdad.


Tensi AS-Iran Memanas, The Yanks Batal TC di Timur TengahTimnas AS memilih untuk menggelar pemusatan latihan di Florida setelah membatalkan rencana ke Qatar. (Dilip Vishwanat/Getty Images/AFP)
Dilansir Yahoo Sports, kematian Soleimani memicu kekhawatiran ada aksi pembalasan terhadap warga AS di dalam dan di luar negeri. Meskipun sejauh ini tidak ada ancaman khusus terhadap orang AS yang bepergian ke Qatar.

Namun, situasi yang berkembang membuat ofisial USSF mengambil langkah untuk membatalkan TC The Yanks di Timur Tengah.

[Gambas:Video CNN]
Perubahan rencana itu membuat timnas AS memilih untuk menggelar TC di Bradenton, Florida pada Senin (6/1) mendatang.

Sebelumnya timnas AS berencana untuk menggelar TC di Akademi Aspire di Doha, Qatar, 5-25 Januari nanti. Dua puluh tiga pemain yang bermain di kompetisi domestik dan Eropa dijadwalkan bakal ambil bagian sebagai bagian untuk membiasakan pemain dengan cuaca tuan rumah Piala Dunia 2022.

Tensi AS-Iran Memanas, The Yanks Batal TC di Timur Tengah
Selain itu, tim asuhan Gregg Berhalter dijadwalkan melakoni satu uji coba tertutup melawan Red Bull Salzburg yang juga diasuh pelatih dari Negeri Paman Sam, Jesse Marsch.

Berbagai sumber mengungkapkan pada Yahoo Sports bahwa beberapa staf tim telah lebih dulu berangkat ke Qatar dan kini dijadwalkan untuk pulang. Berbagai macam peralatan juga sudah dikirimkan ke Qatar sehingga butuh waktu untuk dibawa kembali ke AS.

Hal itu pula yang membuat TC di Florida mundur satu hari dari rencana semula pada 5 Januari. Saat TC di negeri sendiri, timnas AS juga akan melangsungkan uji coba melawan Kosta Rika pada 1 Februari. (jal/jun)