MotoGP 2020: Rossi Pensiun Tergantung Quartararo-Vinales

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 03:09 WIB
MotoGP 2020: Rossi Pensiun Tergantung Quartararo-Vinales Valentino Rossi membuka peluang bergabung dengan Petronas Yamaha. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi mengaku ingin menunda pensiun usai MotoGP 2020. Namun, The Doctor mengatakan posisinya di Yamaha tergantung Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Rossi sedang mempertimbangkan pensiun dari MotoGP. Pebalap 40 tahun itu mengatakan akan mengambil keputusan di paruh musim. Jika tidak kompetitif seperti di MotoGP 2019, Rossi berpeluang pensiun usai MotoGP 2020.

Dalam wawancara dengan La Gazzetta, Rossi mengatakan masih ingin terus tampil di MotoGP meski sedang mempertimbangkan pensiun. Namun, posisi juara dunia sembilan kali itu akan ditentukan Quartararo dan Vinales.


"Saya ingin bertahan di posisi saat ini, tapi kami ada tiga pebalap di Yamaha yang memperebutkan dua tempat, meski saya tidak masalah tampil di Petronas Yamaha," ujar Rossi dikutip dari AS.

Valentino Rossi berpeluang menunda pensiun usai MotoGP 2020.Valentino Rossi berpeluang menunda pensiun usai MotoGP 2020. (JOSE JORDAN / STR / AFP)
"Saya tidak melihat ada perubahan jauh antara tim Yamaha dan Petronas Yamaha. Mungkin Quartararo akan mengubah pikiran atau Vinales memutuskan pergi, tidak ada yang tahu apa yang mereka pikirkan," sambung Rossi.

MotoGP 2020: Rossi Pensiun Tergantung Quartararo-Vinales
Lebih lanjut Rossi mengaku mendapat banyak dukungan untuk melanjutkan karier di MotoGP usai musim 2020. Salah satu pendukung Rossi tidak pensiun adalah sang ibu, Stefania.

"Saya berbicara dengan ayah [Graziano], ibu saya [Stefania], Uccio, dan Carlo Casabianca [pelatih fisik]. Ayah dan ibu meminta saya untuk melanjutkan karier, dan semuanya juga. Tapi, saya harus realistis," ucap Rossi.

"Saya ingin melanjutkan karier, tapi saya harus lebih kompetitif daripada tahun lalu, jika tidak lebih baik pensiun. Saya ucapkan terima kasih kepada Yamaha atas perlakuan yang mereka berikan," ujar Rossi.

Seri pertama MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, 8 Maret 2020.

[Gambas:Video CNN] (har/bac)