Hasil Piala FA: Pemain Pelapis Liverpool Kalahkan Everton 1-0

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 00:59 WIB
Hasil Piala FA: Pemain Pelapis Liverpool Kalahkan Everton 1-0 Liverpool lolos ke babak keempat Piala FA. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool melangkah ke babak keempat Piala FA setelah menang tipis 1-0 atas Everton di Stadion Anfield, Minggu (5/1). Gol semata wayang The Reds dicetak pemain muda Curtis Jones di menit ke-71.

Dalam pertandingan ini pelatih Liverpool Juergen Klopp memainkan sebagian besar pemain pelapis yang juga pemain muda. Dalam susunan starter tercatat hanya ada James Milner, kiper Adrian, dan Adam Lallana, sebagai pemain senior serta Takumi Minamino yang melakoni debut.

Sementara itu, Everton tampil dengan kekuatan terbaik. Komposisi itu yang membuat Everton terlihat lebih unggul di awal-awal pertandingan.


Itu dibuktikan dengan percobaan gol dari Everton melalui Gylfi Sigurdsson di menit keenam. Namun, beruntung bagi Liverpool, kiper Adrian dalam posisi yang tepat dan sukses menyelamatkan gawang The Reds dari kebobolan usai mementahkan tendangan kaki kiri Sigurdsson.

Enam menit berselang, Adrian kembali membuat penyelamatan gemilang. Kali ini giliran sundulan Mason Holgate di menit ke-12 yang diblok Adrian.

Liverpool tidak tinggal diam dan mencoba merespons serangan Everton. Tetapi, pertahanan The Toffees di babak pertama cukup rapat. Sampai dengan 15 menit pertandingan berjalan, The Reds belum melepaskan tembakan ke gawang Everton. Sementara tim tamu sudah dua tembakan on target yang ditepis kiper Adrian.

Gelandang Adam Lallana mencoba menciptakan peluang di menit ke-20, sayang tendangannya masih melebar dari target.

Ancaman kembali diberikan Everton di menit ke-27. Akan tetapi, tendangan kaki kanan Richarlison dari depan kotak penalti hasil umpan Theo Walcott masih bisa dimentahkan Adrian. Padahal Richarlison dalam posisi ideal melepaskan tembakan karena tidak terkawal ketat pertahanan Liverpool.

Everton memberikan ancaman lewat sundulan Mason Holgate di babak pertama.Everton memberikan ancaman lewat sundulan Mason Holgate di babak pertama. (AP Photo/Jon Super)
Liverpool menguasai permainan dengan 61 persen, namun Everton lebih mendominasi dalam serangan.

Usai melakukan sejumlah penyelamatan, kiper Adrian nyaris bluner di menit ke-37 setelah upayanya menghalau bola tendangan sudut Everton meleset.

[Gambas:Video CNN]
Tembakan on target pertama Liverpool di laga itu terjadi pada menit ke-41 lewat Divock Origi setelah sepakan kaki kanannya ditepis Jordan Pickford.

Di babak kedua pemain muda Liverpool kian berani dalam menyerang Everton. Salah satunya melalui bek kanan Neco Williams yang melepaskan tendangan ke gawang Everton dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditangkap Pickford.


Liverpool baru bisa membobol gawang Everton di menit ke-71 lewat gol Curtis Jones. Usai menerima operan dari Origi, Jones melepaskan tendangan placing kaki kanan ke sudut kiri atas gawang The Toffees yang tidak bisa dijangkau Pickford.

Tidak berselang lama tim asuhan Juergen Klopp itu mencoba menambah keunggulan. Tetapi, akselerasi dan tendangan Alex Oxlade-Chamberlain masih bisa diamankan Pickford. Tanpa ada tambahan gol lagi, Liverpool yang memainkan pemain pelapis menang tipis 1-0 atas Everton dan lolos ke babak keempat Piala FA.

Susunan Pemain:

Liverpool: Adrian: Williams, Phillips, Gomez, Milner; Lallana, Chirivella, Jones; Elliott, Minamino, Origi.

Everton: Pickford; Coleman, Mina, Holgate; Sidibe, Schneiderlin, Sigurdsson, Digne; Walcott, Richarlison; Calvert-Lewin. (sry/sry)