Petenis Top Dunia Gelar Laga Amal Kebakaran Hutan Australia

CNN Indonesia | Kamis, 09/01/2020 03:20 WIB
Petenis Top Dunia Gelar Laga Amal Kebakaran Hutan Australia Serena Williams dan Maria Sharapova ikut dalam kegiatan amal kebaran di Australia. (Clive Brunskill/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah petenis top dunia termasuk Serena Williams, Roger Federer, dan Rafael Nadal berpartisipasi dalam pertandingan amal guna menggalang bantuan untuk kebakaran hutan Australia.

Selain Serena, Federer, dan Nadal, ada juga petenis bintang tenis lainnya seperti: Naomi Osaka, Caroline Wozniacki, Nick Kyrgios dan Stefanos Tsitsipas di dalam kegiatan tersebut, dikutip dari CNN Internasional.

Pertandingan ekshibisi itu dijadwalkan digelar Rabu (15/1) waktu setempat di Rod Lever Arena di Melbourne Park. Acara bertajuk Australia Open Rally for Relief akan menyumbangkan hasil penjualan tiket sebagai bantuan kebakaran hutan.


Dalam ekshibisi itu tiket dewasa dijual seharga US$37 atau setara dengan dan US$24 untuk konsesi.

"Krisis kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini memakan korban banyak orang, properti, komunitas, ternak, dan hewan di seluruh negeri, dan hati kami menyentuh semua yang terkena dampak," kata CEO Tennis Australia Craig Tiley dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN Internasional.

"Tanggapan dari komunitas tenis, pemain kami, klub, mitra dan badan tenis internasional, luar biasa serta sangat menyenangkan melihat semua orang berkumpul bersama," ucap Tiley menambahkan.

Petenis top dunia gelar laga amal untuk kebakaran hutan dan lahan di Australia.Petenis top dunia gelar laga amal untuk kebakaran hutan dan lahan di Australia. (Saeed KHAN / AFP)
Petenis Australia, Kyrgios, memulai penggalangan dana pada pekan lalu dengan menjanjikan US$140 untuk setiap pukulan ace yang dia buat di turnamen nanti.

Tennis Australia juga akan menyumbangkan US$69 untuk setiap pukulan ace yang ada di enam turnamen, termasuk Australia Terbuka. Badan tenis itu juga memberikan US$700 ribu untuk membantu membangun kembali fasilitas tenis yang rusak dalam kebakaran hutan tersebut.

Selain Kyrgios, petenis Maria Sharapova yang mendapat wildcard di Australia Terbuka bersama Novak Djokovic menyumbangkan US$17.400.

Sharapova juga menjual 10 pasang sepatunya dengan harga US$260 untuk dijual kepada publik. Hasil penjualan sepatu itu disumbangkan ke Palang Merah Australia.

Tidak saja petenis, legenda kriket Australia, Shane Warne, serta sembilan pebasket NBA asal Australia juga terlibat dalam kegiatan amal untuk kebakaran Australia.

Setidaknya 24 orang tewas akibat kebakaran di Australia. Hampir 18 juta hektare tanah terbakar yang disebut sebagai kebakaran terburuk dalam beberapa dekade. (sry/sry)