Fakta-fakta Unik Setien, Pengganti Valverde di Barcelona

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 08:37 WIB
Fakta-fakta Unik Setien, Pengganti Valverde di Barcelona Quique Setien pelatih baru Barcelona. (Cristina Quicler / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya ada delapan fakta unik mengenai pelatih anyar Barcelona, Quique Setien. Pelatih 61 tahun itu menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat Blaugrana.

Setien dikontrak untuk menjadi juru taktik Barcelona selama 2,5 tahun. Mantan pelatih Real Betis itu juga pengagum bintang Barca, Lionel Messi.

Berikut fakta-fakta unik tentang pelatih baru Barcelona, Setien, dikutip dari situs Barcelona:


1. Karier sepak bola Setien dimulai dari sepak bola pantai. Dia pernah tercatat sebagai pemain sepak bola pantai timnas Spanyol.

2. Setien menjadi pemain legenda di Racing Santander dengan julukan 'El Maestri'. Dia membela klub itu selama 12 musim.

Fakta-fakta Unik Setien, Pengganti Valverde di BarcelonaQuique Setien resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona. (DAMIEN MEYER / AFP)
3. Setien merupakan pelatih asal Cantrabia ketiga yang menangani Barcelona setelah Enriqu Orizaola (1961) dan Laurenzo Ruiz (1976). Cantrabia merupakan daerah otonomi di Spanyol bagian utara.

Fakta-fakta Unik Setien, Pengganti Valverde di Barcelona
4. Pelatih 61 tahun itu tercatat pernah menghadapi Barcelona sebanyak 22 kali saat masih menjadi pemain. Dari jumlah itu, dia meraih lima kemenangan, lima imbang, dan 12 kali kalah.

5. Sebagai pelatih, Setien tercatat tujuh kali pimpin tim melawan Barcelona. Rinciannya adalah enam kali kalah dan sekali menang.

6. Setien pernah mendapat koleksi jersey dari Sergio Busquets. Dalam nomor punggung jersey itu tertulis: "Untuk Quique dengan cinta dan kekaguman atas cara kamu memandang sepak bola. Doa yang terbaik."

7. Dia pernah menangani para mantan pemain Barcelona. Mereka adalah Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic dan Kevin-Prince Boateng.

8. Salah satu kegandrungan Setien adalah permainan catur. Dia bahkan pernah bermain catur dengan mantan juara dunia, Anatoli Karpov dan Gary Kasparov. (bac/sry)




BACA JUGA