Mengenang MU Gagal Rayu Klopp Karena Tak Dapat Restu Istri

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 06:20 WIB
Mengenang MU Gagal Rayu Klopp Karena Tak Dapat Restu Istri Juergen Klopp sempat menolak tawaran Manchester United. (AP Photo/Matt Dunham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United punya insting tajam terhadap Jurgen Klopp. Namun mereka gagal membawa pelatih asal Jerman itu, salah satunya karena istri Klopp tidak memberikan restu.

MU sudah bergerak aktif untuk mencari pelatih baru setelah pilihan mereka terhadap David Moyes menemui kegagalan. Juergen Klopp jadi salah satu kandidat kuat karena ia sukses mengantar Borussia Dortmund jadi juara Bundesliga sekaligus jadi tim elite di Eropa.

Tawaran MU ini datang lebih dulu dibandingkan tawaran yang dikirimkan oleh Liverpool pada Klopp.


Namun proposal MU ditolak Klopp. Salah satu alasannya adalah karena Klopp tidak mendapat restu dari sang istri, Ulla.

"Klopp bercerita pada saya bahwa dia bisa saja memegang Manchester United, namun istrinya berkata bahwa hal itu tidak tepat."

"Ketika Liverpool tiba [memberikan penawaran, istrinya berkata bahwa tawaran ini cocok. Ada hal yang aneh di sini seolah dia tercipta untuk Liverpool," ucap Phil Thompson, mantan pemain Liverpool yang sempat mewawancarai Klopp.

Mengenang MU Gagal Rayu Klopp Karena Tak Dapat Restu IstriKlopp tak mendapat izin istri untuk menangani MU. (AP Photo/Jon Super)
Selain restu istri, hal lain yang jadi pertimbangan Klopp adalah atmosfer di Liverpool.

"Saya menyukai sejarah Liverpool. Saya adalah sosok romantis dalam sepak bola. Saya tahu bahwa saya bisa memberikan bantuan. Mereka mungkin benar-benar butuh saya saat ini. Saya tahu kemampuan saya."

"Ketika Liverpool bercerita tentang masalah yang mereka hadapi,saya berpikir'Ya, saya mungkin manajer yang tepat untuk klub itu.'," kata Klopp.

Klopp juga menilai Liverpool tetap mempertahankan diri sebagai klub sepak bola bergaya lama, bukan sebuah klub yang berkembang seolah menjadi perusahaan besar, sebuah hal yang identik dengan Manchester United.

Mengenang MU Gagal Rayu Klopp Karena Tak Dapat Restu Istri
"Saya datang dengan topi baseball dan mereka masih menghormati saya. Saya tak perlu bertingkah laku menuruti syarat-syarat yang ada. Liverpool tidak meminta saya melakukan hal lain, jadi saya fokus sejak hari pertama pada sepak bola. Mereka adalah klub sepak bola."

"Saya berbicara dengan klub lain dan mereka tidak terdengar seperti klub sepak bola. Yang terdengar adalah tentang perasaan, citra. Saya menganggap hal itu bukanlah sesuatu yang saya senangi," kata Klopp.

Klopp akan memimpin Liverpool menghadapi Manchester United dalam laga Liga Inggris di Anfield, Minggu (19/1). Liverpool adalah favorit kuat juara Liga Inggris musim ini. (ptr/bac)