Donald Cerrone, Penantang McGregor yang Hampir Jadi Dokter

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 12:50 WIB
Donald Cerrone, Penantang McGregor yang Hampir Jadi Dokter Donald Cerrone berasal dari keluarga dokter. (Steve Marcus/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petarung Amerika Serikat Donald Cerrone bakal mencoba peruntungannya di UFC dengan melawan Conor McGregor di UFC 246 di Las Vegas, Sabtu (18/1) waktu setempat.

Cerrone dalam misi meraih kemenangan pertama dalam tiga pertarungan terakhir, setelah sebelumnya kalah dari Tony Ferguson dan Justin Gaethje.

Petarung berjuluk The Cowboy itu termasuk senior di UFC setelah memulainya pada 2011. Yang menarik, sang petarung pernah hampir meniti karier menjadi dokter.


Cowboy lahir dengan bibir sumbing, namun kondisi itu langsung diperbaiki sejak ia kecil. Cerrone sempat didiagnosis mengalami gangguan perkembangan peningkatan motorik anak-anak yang menyebabkan aktivitas anak-anak cenderung berlebihan.

Meski demikian, Cerrone tidak pernah mendapat perawatan khusus atas diagnosis tersebut. Diagnosis itu juga yang mungkin menjadi jalan bagi Cerrone ke dunia tarung bebas. Pasalnya sejak itu Cerrone justru menyukai aktivitas yang menantang.

Saat bersekolah di Air Academy High School dia sudah menjadi penunggang banteng profesional. Pada usia 20, Cerrone mulai menekuni dunia bela diri dengan berlatih kickboxing yang dilanjutkan ke Muay Thai.

Donald Cerrone (kanan) sering berantem di jalanan dan di bar.Donald Cerrone (kanan) sering berantem di jalanan dan di bar. (Sarah Stier/Getty Images/AFP)
Di masa-masa itu Cowboy kerap terlibat duel. Dalam pengakuannya di Vail Daily, Cerrone kerap ribut di jalanan.

"Saya terlibat perkelahian jalanan dan di bar. Saya sering mengalami pengeroyokan, dan saya pikir, saya tidak bisa melakukan ini lagi," ucap Cerrone.

Setelah memenangi beberapa gelar di kickboxing, Cerrone mulai meniti karier di dunia mixed martial arts (MMA).

[Gambas:Video CNN]
Cowboy memulai pertarungan pertama di MMA dengan melawan Nate Mohr do Ring of Fire (ROF) 21: Full Blast pada Februari 2006. Dalam duel itu Cerrone menang lewat submission.

Setelah di ROF Cerrone mencicipi World Extreme Cagefighting (WEC) pada September 2007, hingga berlanjut ke UFC pada Februari 2011 dengan melawan Paul Kelly dalam duel pertamanya di UFC.

Donald Cerrone, Calon Dokter Penantang McGregor
Cerrone tidak pernah meraih gelar juara di UFC, baik di kelas welter maupun ringan. Meski demikian, ia merupakan pemegang rekor kemenangan terbanyak di UFC dengan 23 kemenangan dari dua kelas tersebut.

Akan tetapi, tidak banyak yang menyangka jika sebenarnya sebelum menjadi petarung UFC Cerrone pernah ingin menjadi dokter. Maklum, Cerrone berasal dari keluarga dokter.

"Saya pernah sekolah kedokteran. Itulah yang pernah saya mulai lakukan," tutur Cerrone.

"Nenek, kakek, dan ibu saya adalah dokter, dan itulah [dokter] jalan yang mereka tempuh. Tetapi bertarung adalah jalan yang harus saya tempuh," ucap Cowboy melanjutkan. (sry/bac)