Liverpool vs MU: Reuni Robertson dengan Maguire

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 17:56 WIB
Liverpool vs MU: Reuni Robertson dengan Maguire Andy Robertson sudah persembahkan tiga trofi untuk Liverpool. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertarungan Liverpool melawan Manchester United di Liga Inggris di Anfield, Minggu (19/1), jadi duel reuni bagi Andy Robertson dengan Harry Maguire.

Sebelum ke MU dan Liverpool, Maguire serta Robertson pernah sama-sama dalam satu klub di Hull City. Maguire serta Robertson gabung Hull City di periode yang sama, awal musim 2014/2015.

Ketika itu Maguire dan Robertson juga didatangkan di hari yang sama, 29 Juli 2014. Maguire direkrut dari Sheffield United, sedangkan Robertson ditransfer dari klub Skotlandia, Dundee United.


Harga Maguire dan Robertson saat tiba di Stadion KCOM, markas Hull, tak jauh berbeda. Bek tengah 26 tahu tersebut dibanderol 750 ribu Euro atau setara dengan Rp11,4 miliar, sementara Robertson sedikit lebih murah, 600 ribu Euro.

Maguire dan Robertson berpisah tujuh bulan kemudian saat bek timnas Inggris itu dipinjamkan ke Wigan Athletic pada Februari 2015. Keduanya kembali bersama di musim 2015/2016.

Performa Harry Maguire belum memuaskan Man United.Performa Harry Maguire belum memuaskan Man United. (AP Photo/Dave Thompson)
Di musim 2017/2018 Maguire kembali terpisah dengan Robertson. Maguire gabung Leicester City dengan harga 8 juta Euro, sementara Robertson pindah ke Liverpool dengan mahar 7 juta Euro.

[Gambas:Video CNN]
Perbedaan harga Maguire dengan Robertson tidak sejalan dengan prestasi kedua pemain. Sejak di datangkan Liverpool, Robertson sudah mengoleksi tiga trofi: Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Sedangkan Maguire masih nirgelar di Leicester.

Usai dua musim di Leicester, Maguire pindah ke Manchester United sebagai bek termahal dunia setelah direkrut dengan harga 87 juta Euro (sekitar Rp1,32 triliun).

Liverpool vs MU: Reuni Robertson dengan Maguire
Meski menjadi bek termahal dunia, Maguire belum memberikan performa mengesankan untuk Setan Merah. Dalam 22 pertandingan di Liga Inggris, Maguire hanya bisa memberikan sembilan kemenangan untuk MU. Saat ini tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu juga tengah berjuang keras untuk bisa berada di zona Liga Champions.

Selama Maguire tampil di Liga Inggris, gawang David de Gea sudah kebobolan 25 gol di musim ini. Berbeda dengan Liverpool yang baru kebobolan 15 gol saat Robertson bermain.

Selain mencetak satu gol, Robertson juga memberikan lima assist untuk gol-gol Liverpool di Liga Inggris. Maguire hanya baru berkontribusi untuk satu gol MU lewat sumbangan satu umpannya. (sry/jal)