Analisis

Butuh Lebih dari Satu Maguire Bendung Liverpool

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 10:09 WIB
Butuh Lebih dari Satu Maguire Bendung Liverpool Harry Maguire bakal jadi salah satu kunci bisa atau tidaknya MU menandingi Liverpool. (AP Photo/Marko Drobnjakovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United mengusung misi hampir mustahil untuk meraih hasil positif atas Liverpool pada pekan ke-23 Liga Inggris, akhir pekan nanti.

Langkah MU berat karena laga akan berlangsung di Stadion Anfield. Liverpool sudah tidak kalah dalam 52 laga di hadapan publik sendiri dan punya materi pemain yang lebih mentereng ketimbang MU.

Segala keunggulan The Reds itu membuat jalannya laga nanti bisa dengan mudah ditebak. Skuat asuhan Jurgen Klopp akan bermain ofensif, mendominasi permainan, dan membuat MU mengetatkan pertahanan sambil mengintip celah untuk menyerang lewat serangan balik cepat.


Liverpool memang punya pemain yang berbahaya hampir di semua lini. Mulai dari lini belakang hingga lini depan.

Butuh Lebih dari Satu Maguire Bendung LiverpoolTrio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino adalah jaminan gol buat Liverpool musim ini. (AP Photo/Jon Super)
Bahkan di lini depan, tim kota pelabuhan memiliki Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Salah satu trisula lini depan terbaik di dunia saat ini.

Ketiga pemain ini sudah menyumbang 28 gol dari total 50 gol Liverpool dalam 21 pertandingan di Liga Inggris. Bukti bahwa Salah, Mane, dan Firmino berkontribusi penting buat keberhasilan Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Inggris.

Selain itu, ketiga pemain ini tidak hanya 'bicara' lewat gol yang dicetak. Trio Firmino-Salah-Mane kerap menebar ancaman lewat pergerakan dengan atau tanpa bola.

Trio lini depan Liverpool itu juga didukung rekan-rekan setim yang bisa memberikan perbedaan di setiap pertandingan. Liverpool punya pemain bertipe kreator permainan yang bisa memanjakan Mane, Salah, dan Firmino sebagai juru gedor di lini depan.

Trent Alexander-Arnold jadi pemain yang paling rajin memberikan umpan gol alias assist. Bek kanan asal Inggris itu telah mengoleksi delapan assist.

Butuh Lebih dari Satu Maguire Bendung LiverpoolTrent Alexander-Arnold jadi pemain dengan pemberi assist tertinggi di Liverpool. (AP Photo/Jon Super)
Rekan Arnold di sektor bek kiri, Andrew Robertson pun masuk deretan penghasil assist tertinggi di Liverpool musim ini. Pemain asal Skotlandia itu sudah mengemas enam assist diikuti kapten tim, Jordan Henderson dengan dua assist.

Kilau skuat Liverpool ini yang harus diwaspadai MU. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer yang diprediksi akan main defensif butuh sosok tangguh di lini belakang.

Di musim ini, tim yang bermarkas di Old Trafford kedatangan Harry Maguire dari Leicester yang diboyong dengan transfer 80 juta poundsterling. Pembelian itu membuat Maguire resmi jadi bek termahal dunia menggeser Virgil van Dijk.

Kehadiran Maguire memang tidak lantas membuat pertahanan MU sulit dibobol lawan. Hal itu bisa diukur dengan catatan 36 kebobolan hingga pekan ke-22 Liga Inggris.

Meski demikian, rapor individu Maguire tergolong bagus jika dibandingkan dengan tandemnya Victor Lindelof. Kedua pemain ini merupakan duet andalan Solskjaer di jantung pertahanan.

Sejauh ini, rasio tekel sukses Maguire mencapai 63 persen berbanding 36 persen yang dicatat Lindelof. Bek timnas Inggris itu 38 kali melakukan intersep sedangkan Lindelof hanya 17 kali.

[Gambas:Video CNN]
Maguire juga 141 kali menang duel dan Lindelof hanya 78 kali. Soal urusan menang duel udara, Maguire lagi-lagi unggul dari Lindelof dengan 101 kali berbanding 78.

Statistik ini menunjukkan Maguire masih yang terbaik di jantung pertahanan MU. Kualitas seperti pemain berusia 26 itu pula yang diharapkan muncul dari empat pemain lini belakang The Red Devils saat bersua Liverpool.

Butuh Lebih dari Satu Maguire Bendung Liverpool
Hal ini mengindikasikan tim pengoleksi 20 gelar Liga Inggris butuh lebih dari satu 'Maguire' di laga nanti. Jika syarat itu bisa dipenuhi maka harapan untuk membendung ketajaman lini depan Liverpool bukan sekadar angan-angan belaka.

Menghadapi tim yang agresif seperti Liverpool, tekel akurat, kemampuan intersep, dan hebat dalam duel udara adalah sebuah hal wajib.

Pemain dengan tekel akurat dan intersep bagus seperti Maguire penting untuk memastikan trio Salah, Firmino, dan Mane tidak leluasa mengancam gawang MU yang dikawal David de Gea.

Sedangkan kemampuan memenangi duel udara adalah variabel yang tidak kalah penting dalam situasi bola mati. Pasalnya, Liverpool punya Virgil van Dijk yang selalu jadi ancaman dalam situasi bola-bola mati dan dibuktikan dengan torehan tiga gol di Liga Inggris musim ini. (ptr)