Juara Indonesia Masters 2020, Ginting Sudahi Apes di Final

CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 20:40 WIB
Juara Indonesia Masters 2020, Ginting Sudahi Apes di Final Anthony Sinisuka Ginting meraih gelar perdana pada 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelar juara Indonesia Masters 2020 menjadi yang pertama bagi Anthony Sinisuka Ginting sejak 2018. Tahun lalu Ginting selalu kalah dalam lima laga final.

Salah satu pebulutangkis andalan Merah Putih itu senang bisa berada di podium juara sekaligus memberi jawaban atas kritik lantaran kegagalan yang dialami pada 2019.

Tahun lalu Ginting bernasib buruk lantaran harus puas menjadi runner up di Singapore Open, Australia Open, China Open, Hong Kong Open, dan BWF World Tour Finals.


"Jujur senang banget bisa jadi juara. Apalagi ini juara di rumah sendiri. Tahun lalu saya lima kali masuk final tapi tidak ada yang tembus [jadi juara]. Puji Tuhan, bisa jadi juara di sini sangat berarti, sangat termotivasi dan semakin semangat buat ngejar ke Olimpiade," ujar Ginting usai pertandingan.

"Gelar ini juga sangat berarti buat saya, buat tunggal putra khususnya. Saya mau membuktikan bahwa tim tunggal putra juga bisa berprestasi," imbuhnya.

Juara Indonesia Masters 2020, Ginting Sudahi Apes di FinalAnthony Sinisuka Ginting meraih gelar kedua di Indonesia Masters. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ginting menjadi juara setelah mengalahkan unggulan keempat asal Denmark, Anders Antonsen, 17-21, 21-15, dan 21-9 dalam durasi 71 menit di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/1) malam. Ia mengaku terus mendapat tekanan lewat serangan-serangan yang dilancarkan Antonsen di gim pertama.

Masuk di gim kedua, Ginting berusaha untuk tidak mengikuti ritme permainan lawan dengan membuat Antonsen berlari mengejar bola. Sedangkan di gim ketiga, ia melihat Antonsen sudah mulai capek sehingga sering membuat kesalahan dan dengan mudah dimatikan.

Terlepas dari hasil juara Indonesia Masters 2020, Ginting menyebut masih banyak hal yang harus diperbaiki. Penghuni pelatnas PBSI Cipayung itu juga mengaku puas dengan penampilannya selama sepekan di Indonesia Masters 2020, terutama ketika ia bisa mengatasi tekanan di dalam lapangan.

Juara Indonesia Masters 2020, Ginting Sudahi Apes di Final


Penampilan gemilang Anthony juga disebutnya sebagai hadiah buat keluarganya yang sudah jauh-jauh datang dari Cimahi untuk menyaksikannya bertanding secara langsung di Istora Senayan.

"Ya motivasi saya sebenarnya mau juara tapi tidak fokus ke situ. Saya belajar juga dari lima final di tahun lalu apa yang tidak bisa, jangan sampai kejadian lagi. Pola pikir dan cara apa yang harus digunakan. Puji Tuhan, minggu ini bisa berhasil," jelas Ginting.

[Gambas:Video CNN] (TTF/nva)


BACA JUGA