Timnas Indonesia U-19 Akan Latihan di Jepang hingga Jerman

CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 19:55 WIB
Timnas Indonesia U-19 Akan Latihan di Jepang hingga Jerman Timnas Indonesia U-19 bertolak ke Thailand. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PSSI, Mochamad Riawan, menyampaikan rencana PSSI mengirim Timnas Indonesia U-19 berlatih di sejumlah negara. Negara-negara itu antara lain Jepang, Korea Selatan, Italia, hingga Jerman.

Rencana itu dilakukan demi mematangkan persiapan untuk ajang Piala Dunia U-20 2021. Indonesia sendiri bakal menjadi tuan rumah di ajang tersebut.

Pria yang akrab dengan sapaan Iwan Bule itu menginginkan para pemain merasakan atmosfer latihan dan pertandingan uji coba di negara-negara tersebut. Dengan demikian, dia berharap mental dan fisik para pemain bisa ditempa dengan baik untuk tampil maksimal di Piala Dunia U-20.


"Secara infrastruktur, negara-negara tersebut siap menerima timnas kami," ujar Iwan Bule di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dikutip dari Antara.

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (tengah) didampingi Anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani (kanan) berbincang dengan Asisten Pelatih Indra Sjafri (kiri) saat melepas keberangkatan para pemain Timnas Usia 19 yang akan berlatih ke Thailand di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/1). Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (tengah) berbincang dengan Asisten Pelatih Indra Sjafri (kiri) saat melepas Timnas Indonesia U-19 yang bertolak ke Thailand di Bandara Soekarno Hatta. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Di empat negara tersebut, PSSI juga akan mencarikan lawan-lawan yang representatif untuk menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia U-19.

Iwan Bule melanjutkan, saat ini 28 pemain yang diboyong ke Thailand untuk fokus menjalani pemusatan latihan tahap awal.

Mereka harus benar-benar bersaing ketat untuk bisa terpilih oleh Shin Tae Yong. Iwan Bule juga sebelumnya mengatakan sistem seleksi ini akan memakai sistem promosi dan degradasi secara berkala.

"Dengan demikian, Timnas Indonesia U-19 akan mempersiapkan diri di negara ASEAN, Asia dan Eropa," tutur Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-19 Akan Latihan di Jepang hingga Jerman
Rombongan Timnas Indonesia U-19 sendiri dilepas Iwan Bule dan sudah bertolak ke Thailand, Senin (20/1) siang. Rencananya mereka melakukan pemusatan latihan di Chiang Mai selama 12 hari dan latihan akan dimulai Selasa (21/1).

Timnas Indonesia U-19 yang lolos dalam seleksi tahap pertama di Stadion Wibawa Mukti rencananya akan menjajal klub-klub Korea Selatan di Thailand. Kebetulan tim-tim tersebut juga tengah melakukan pemusatan latihan di negara itu.

"Ini merupakan program lanjutan dari seleksi yang telah dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti beberapa waktu lalu. Tim kepelatihan telah membuat program, termasuk uji coba."

"Dari TC [pemusatan latihan] ini, nantinya diharapkan bisa didapatkan kerangka tim. Kita juga masih punya beberapa pemain yang saat ini masih mengikuti program Garuda Select," ujar Iwan Bule seperti dikutip dari situs resmi PSSI. (Antara/sry)