Liverpool Tim 'Paling Bersih' di Liga Inggris Musim Ini

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 03:45 WIB
Liverpool Tim 'Paling Bersih' di Liga Inggris Musim Ini Alisson Becker satu-satunya pemain Liverpool yang terkena kartu merah di musim ini. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool diklaim sebagai tim 'paling bersih' di musim ini setelah sangat sedikit melakukan pelanggaran di Liga Inggris.

Dikutip dari Sky Sports, berdasarkan survei CIES Football Observatory pada Senin (20/1) waktu setempat, The Reds hanya melakukan 8,1 pelanggaran per pertandingan di musim 2019/2020.

Jumlah 8,1 pelanggaran per laga itu yang paling sedikit dari klub-klub yang tampil di 35 liga domestik di Eropa.


Dalam data CIES, Liga Inggris adalah kompetisi yang menghasilkan pelanggaran paling sedikit dengan 20,4 pelanggaran dari 35 liga. Sebanyak delapan dari 18 tim teratas dalam daftar tersebut dihuni klub-klub Inggris.

Selain Liverpool, Newcastle United, Bournemouth, Leicester City, Chelsea, Norwich City, Tottenham Hotspur, dan Manchester City adalah tim-tim dengan catatan pelanggaran paling sedikit.

Klub Liga Super Denmark, Silkeborg berada di urutan kedua setelah Liverpool dengan rekor yang sama, sementara klub Jerman Hamburg di tempat ketiga.

Liga Super Denmark menampilkan jumlah pelanggaran terendah kedua per pertandingan setelah Liga Inggris, 21 pelanggaran, sedangkan Liga Belanda Eredivisie di posisi ketiga dengan 21,6 pelanggaran.

Sementara itu, rata-rata pelanggaran per pertandingan di setiap liga dari total 35 liga domestik di Eropa itu 27,2 pelanggaran.

Dikutip dari situs Liga Inggris, tim asuhan Jurgen Klopp itu menempati posisi kedua terbawah atau ke-19 sebagai klub dengan kartu merah dan kartu kuning paling sedikit di musim ini.

Tim Liga Inggris 2019/2020 yang paling sedikit menerima kartu merah adalah Norwich (1 kartu merah), sedangkan yang paling sedikit diberikan kartu kuning adalah Leicester (22 kartu).

Sampai dengan saat ini setelah 23 pertandingan, Liverpool baru mendapat satu kartu merah yang diterima kiper Alisson Becker saat melawan Brighton and Hove Albion dan 23 kartu kuning. (sry/jun)