Setien Kembalikan Gaya Tiki-taka Barcelona Era Guardiola

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 15:33 WIB
Setien Kembalikan Gaya Tiki-taka Barcelona Era Guardiola Quique Setien dinilai sukses mengembalikan permainan Tiki Taka Barcelona seperti era Pep Guardiola. (AP Photo/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga perdana Quique Setien menangani Barcelona di Liga Spanyol langsung menuai pujian dari para fan Blaugrana. Setien dinilai sukses mengembalikan permainan Tiki-taka Barcelona era Pep Guardiola.

Barcelona sendiri hanya menang tipis 1-0 atas Granada 1-0 di Stadion Camp Nou, Minggu (19/1) malam waktu setempat. Satu-satunya gol Barca dilesakkan Lionel Messi pada menit ke-76 assist dari Arturo Vidal.

Vidal lebih dulu menerima operan cepat dari Antoine Griezmann, sebelum melepaskan umpan tumit kepada Messi.


La Pulga menuntaskan umpan Vidal dan menaklukkan kiper Granada, Rui Silva.

Lionel Messi satu-satunya pencetak gol Barcelona ke gawang Granada. (Lionel Messi satu-satunya pencetak gol Barcelona ke gawang Granada. (AP Photo/Joan Monfort)
Meski kesulitan dalam membongkar pertahanan Granada, Barcelona mendapat pujian dari para fan lantaran permainan mereka yang sangat dominan.

Setien bahkan dinilai membuat kesan pertama yang bagus dengan mengembalikan Tiki-taka Barcelona seperti saat masih dilatih Guardiola.

Gaya permainan Tiki-taka memang menjadi kebanggaan sekaligus khas Barcelona. Permainan tersebut menekankan umpan-umpan pendek dan cepat dari belakang ke depan.

Marca bahkan mencatat Barcelona di bawah arahan Setien tembus tiga besar untuk rataan operan sukses sejak Guardiola.

Setien Kembalikan Gaya Tiki Taka Barcelona Era Guardiola
Pada laga itu, Barcelona tercatat membukukan 921 umpan sukses dari total 1.005 operan yang dilakukan. Dengan demikian seperti catatan Whoscored, angka operan sukses mencapai 92 persen.

Jumlah 921 operan sukses tersebut merupakan torehan tertinggi Setien selama kariernya menangani tim-tim.

Sebelum memperbaiki rekornya, Setien pernah mencatatkan rekor tertinggi umpan sukses 719 kali dari total 788 operan ketika menangani Real Betis.

Setien menempati peringkat ketiga untuk rataan operan sukses di Barcelona. Barcelona di era Guardiola masih yang teratas dalam hal rata-rata passing sukses di Blaugrana.

Rekor tertinggi adalah 988 kali umpan sukses dari total 1046 operan ketika Barcelona menghadapi Levante pada 5 November 2011. Peringkat kedua juga masih tercatat atas nama Guardiola dengan 950 operan sukses dari 1035 operan saat Barcelona menghadapi Levante pada 25 November 2012.

Catatan penguasaan bola Barcelona juga sangat impresif pada debut Setien menangani tim itu. Penguasaan bola Barcelona saat lawan Granada tembus hingga 82,6 persen.

Angka tersebut bahkan belum pernah dicapai Luis Enrique dan Ernesto Valverde di Barcelona. Sejumlah catatan itu pun membuat Setien dinilai langsung berhasil mengembalikan gaya permainan Tiki-taka Barcelona seperti di era Guardiola. (bac/sry)