Inkonsistensi Buat MU Tidak Layak ke Liga Champions

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 07:53 WIB
Inkonsistensi Buat MU Tidak Layak ke Liga Champions Manchester United sulit tampil konsisten di Liga Inggris musim ini. (Martin Rickett/PA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United begitu akrab dengan inkonsistensi sehingga belum layak lolos ke Liga Champions musim depan.

MU menelan kekalahan mengejutkan pada pekan ke-24 Liga Inggris. The Red Devils takluk 0-2 dari tim papan bawah Burnley saat bermain di Old Trafford, Rabu (22/1) malam waktu setempat.

Dua gol Burnley yang dicetak Chris Wood dan Jay Rodriguez membuat MU tertunduk lesu di hadapan publik sendiri.


Kekalahan dari Burnley ini bukan yang pertama kali dialami MU saat bermain di kandang. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer pernah merasakan hal serupa saat takluk 1-2 dari Crystal Palace, 24 Agustus 2019.

Inkonsistensi Buat MU Tak Layak ke Liga ChampionsBurnley memberikan kekalahan kandang kedua bagi MU di Liga Inggris musim ini. (Martin Rickett/PA via AP)
Dua kekalahan itu ditambah tiga hasil imbang saat MU menghadapi Arsenal, Liverpool, dan Everton di Old Trafford. Catatan itu membuat MU sudah lima kali membuang kesempatan meraih tiga poin di Old Trafford.

Dari 11 laga kandang di Liga Inggris musim ini, MU hanya bisa meraih enam kemenangan.
[Gambas:Video CNN]
Performa mengecewakan di kandang dibarengi dengan inkonsistensi saat tandang. Di Liga Inggris musim ini, Setan Merah sudah enam kali pulang dengan kekalahan dari kandang lawan.

Beragam catatan minor itu membuat MU kesulitan untuk menembus posisi empat besar atau zona Liga Champions. Bahkan, kekalahan dari Burnley bikin MU terpaut enam poin dari Chelsea yang menempati posisi keempat.

Inkonsistensi Buat MU Tak Layak ke Liga Champions
Peluang MU masuk posisi empat besar sebenarnya terbuka musim ini. Hal ini dikarenakan Chelsea juga punya masalah yang sama dengan MU yaitu konsistensi.

Sial bagi MU mereka malah kerap tersandung saat Chelsea gagal meraih hasil maksimal pada pekan yang sama.

Salah satu contohnya adalah pekan ke-24 Liga Inggris. Kegagalan Chelsea mengalahkan Arsenal di Stamford Bridge tidak bisa dimaksimalkan karena MU justru takluk dari Burnley.

Ketimbang memikirkan cara mengamankan tiket Liga Champions, MU saat ini malah diancam Tottenham Hotspur dan Wolverhampton untuk merebut tiket otomatis ke Liga Europa. Koleksi 34 poin MU di peringkat lima sama dengan yang dimiliki Tottenham dan Wolves. (jal/nva)