De Gea Titik Lemah MU Saat Dibungkam Burnley

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 08:51 WIB
De Gea Titik Lemah MU Saat Dibungkam Burnley David de Gea tampil mengecewakan saat kalah dari Burnley. (Oli SCARFF / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper Manchester United, David de Gea, jadi titik lemah saat takluk 0-2 dari Burnley pada pekan ke-24 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Rabu (22/1).

Penjaga gawang asal Spanyol itu sebenarnya minim dapat ancaman dari pemain depan Burnley. Hal ini mengacu catatan statistik The Clarets yang hanya lima kali melakukan usaha mencetak gol.

Dari lima upaya itu hanya dua yang mengarah tepat ke gawang MU. Sialnya dua peluang itu bisa berujung gol dari Chris Wood pada menit ke-39 dan Jay Rodriguez (56').


De Gea Titik Lemah MU Saat Dibungkam BurnleyDavid de Gea baru empat kali membuat clean sheet di Liga Inggris musim ini. (AP Photo/Petros Karadjias)
Gol pertama yang dicetak Wood memperlihatkan ketidaksigapan De Gea. Sontekan Wood yang tidak terlalu keras ke tiang dekat usai memanfaatkan situasi bola mati gagal diantisipasi De Gea.

Gol kedua Burnley kembali menunjukkan De Gea lemah membaca arah bola ke tiang dekat. Kali ini tendangan keras Rodriguez membobol gawang De Gea untuk kali kedua di laga ini.
[Gambas:Video CNN]
Performa buruk De Gea kontras dengan aksi yang diperlihatkan kiper Burnley, Nick Pope. Di laga ini, Pope berhasil mementahkan tujuh tendangan tepat sasaran para pemain MU.

Penampilan gemilang Pope itu pula yang membuat pemain MU frustrasi karena tidak mampu membobol gawang tim tamu walau mendapatkan banyak peluang.

De Gea Titik Lemah MU Saat Dibungkam Burnley

Di musim ini, De Gea berada di posisi ke-12 kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak. Ia telah melakukan 61 penyelamatan di Liga Inggris musim ini.

Kiper berusia 29 tahun itu juga baru empat kali membukukan clean sheet musim ini dan sudah 36 kali kebobolan dalam 24 pertandingan. (jal/nva)