Persib Minta Jadwal Liga 1 2020 Lebih Awal

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 03:30 WIB
Persib Minta Jadwal Liga 1 2020 Lebih Awal Ilustrasi laga Persib Bandung di Liga 1 2019. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar meminta agar kick-off Liga 1 2020 digelar lebih awal. Bahkan Umuh menyebut Liga 1 2020 seharusnya bisa dimulai pada pertengahan Februari mendatang.

Sebelumnya, Komisaris PT LIga Indonesia Baru (LIB) Gusti Randa menyebut Liga 1 2020 bakal dimulai pada 29 Februari mendatang. Meski begitu, hal itu masih disebut bakal dibahas lebih lanjut di Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Bali pada Sabtu (25/1).

"Jangan terlalu kelamaan [dimulainya Liga 1 2020], itu kelamaan. Kalau bisa pertengahan Februari sudah dimulai. Malah saya dengar Piala Presiden tidak ada. Makanya, lihat besok [di kongres keputusan seperti apa]," ucap Umuh kepada CNNIndonesia.com. 


Umuh berharap gelaran Liga 1 2020 bisa berjalan lancar, kondusif dan tidak ada masalah. Buat Umuh terpenting adalah masalah wasit yang diharapkan bisa bekerja secara profesional sehingga setiap keputusan yang dibuat tidak menimbulkan konflik dan permasalahan.

Manajer Persib Umuh Muchtar berharap Liga 1 menugaskan wasit-wasit berkualitas. (Manajer Persib Umuh Muchtar berharap Liga 1 menugaskan wasit-wasit berkualitas. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Umuh meminta agar wasit-wasit yang bermasalah di gelaran Liga 1 2019 terus mendapatkan pantauan. Itu diperlukan supaya secara keseluruhan sepak bola Indonesia bisa berubah ke arah yang lebih baik ke depannya.

"Saya juga mendorong Pak Cucu [Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri] untuk mendorong LIB supaya memperbaiki jadwal kompetisi. Pak Cucu kan punya ketegasan, pastinya nanti tidak akan main-main. Jadwal itu harus bagus," terang Umuh.

Menyoal jadwal, Umuh juga menyarankan agar pembuatan jadwal bisa diundi secara terbuka. Supaya tidak ada lagi anggapan bahwa kompetisi Liga 1 diatur.
Persib Minta Jadwal Liga 1 2020 Lebih Awal
"Itu murni, jadi adil. Semua menyaksikan. Contoh misalnya Persib melawan Persija dulu. Itu tidak ada masalah kalau hasil undian. Kalau ada klub yang bertahan tidak mau diundi, itu yang harus dipertanyakan. Semua harus tunduk sama aturan. Itu harus dihilangkan mafia-mafia, berat kalau masih ada mafia," tegasnya.

Sementara itu, Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago juga menyambut baik percepatan dimulainya Liga 1 2020. Pelatih asal Brasil itu mengatakan jeda waktu dua bulan antar musim sudah cukup untuk mempersiapkan tim menyongsong musim kompetisi baru.

"Jeda waktu dua bulan antar musim cukup. Tapi tolong segera keluarkan jadwalnya, supaya kami bisa atur logistik dari jauh-jauh hari," ucap Jacksen. (TTF/sry)