5 Perbandingan Gaji Pemain MU vs Liverpool

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 17:20 WIB
5 Perbandingan Gaji Pemain MU vs Liverpool Gaji pemain MU lebih besar dibandingkan gaji pemain Liverpool. (AFP PHOTO / John THYS / AP Photo/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool mencatat prestasi spektakuler musim ini namun gaji pemain-pemain mereka justru banyak yang lebih rendah dibandingkan Manchester United yang terpuruk di Liga Inggris musim ini.

Liverpool tak terhentikan musim ini dengan catatan 21 kemenangan plus satu hasil imbang dalam 22 laga yang telah mereka jalani di Liga Inggris.

Catatan apik Liverpool tersebut jadi pukulan telak bagi MU yang tampil buruk musim ini. Makin terasa berat bagi pendukung MU bila melihat gaji-gaji pemain MU lebih besar dibandingkan The Reds.


Berikut perbandingan gaji pemain MU vs Liverpool per tahun, dikutip dari Spotrac:

1. David De Gea vs Mohamed Salah

David De Gea dan Mohamed Salah adalah pemain dengan gaji tertinggi di masing-masing klub. Namun perbedaan gaji di antara kedua pemain tersebut sangat signifikan.

De Gea menerima 19,5 juta poundsterling (Rp348,2 miliar), hampir dua kali lipat dari gaji Salah yang ada di angka 10,4 juta poundsterling (Rp185,7 miliar). Selain De Gea, Paul Pogba dan Anthony Martial juga punya gaji yang lebih besar dari Salah.
5 Perbandingan Gaji Pemain MU vs LiverpoolDavid de Gea punya gaji hampir dua kali lipat gaji Mohamed Salah. (Oli SCARFF / AFP)

2. Harry Maguire vs Virgil van Dijk

Harry Maguire dan Virgil van Dijk adalah dua bek termahal di dunia. Gaji mereka pun sepadan. Namun Maguire punya gaji sedikit lebih tinggi dibandingkan Van Dijk. Van Dijk punya gaji 9,36 juta poundsterling (Rp167,1 miliar) sedangkan Maguire mendapat 9,87 juta poundsterling (Rp176,2 miliar).

Dalam kenyataan di lapangan, kehadiran Van Dijk punya dampak lebih besar dibandingkan Maguire yang belum membuat lini belakang MU terlihat kokoh.

3. Luke Shaw vs Jordan Henderson

Jordan Henderson adalah kapten Liverpool yang punya peran vital di balik kebangkitan tim. Henderson jadi tulang punggung 'The Reds' melewati masa-masa sulit setelah Steven Gerrard pensiun.

Namun gaji Henderson yang ada di angka 7,28 juta poundsterling (Rp129,9 miliar), kalah dari Luke Shaw yang menerima gaji sebesar 7,8 juta poundsterling (Rp139,1 miliar).

Hal tersebut terasa janggal karena Shaw termasuk jarang bermain di musim ini dan tidak memberikan pengaruh besar pada MU.
5 Perbandingan Gaji Pemain MU vs LiverpoolGaji Jordan Henderson lebih kecil dari Luke Shaw. (AP Photo/Jon Super)

4. Nemanja Matic vs Sadio Mane

Nemanja Matic mulai menurun dan kesulitan bertahan sebagai pemain inti di lini tengah. Sementara itu Sadio Mane justru makin mengkilap sebagai bomber Liverpool.

Namun dari segi gaji, Matic justru punya pendapatan lebih besar dari Mane. Matic menerima 6,2 juta poundsterling (Rp110,6 miliar) sedangkan Mane hanya memperoleh 5,2 juta poundsterling (Rp92,7 miliar).

[Gambas:Video CNN]

5. Fred vs Alisson Becker

Alisson Becker adalah jaminan ketangguhan lini belakang Liverpool. Tetapi dari segi pendapatan, Alisson meraih 4,6 juta poundsterling (Rp82,2 miliar).

Catatan ini lebih kecil dari Fred yang mendapat 6,24 juta poundsterling (Rp111,5 miliar). Padahal Fred sendiri masih belum menunjukkan performa yang konsisten dari pertandingan ke pertandingan. (ptr/bac)