Barcelona Kalah, Setien Masih Unggul Atas Guardiola

CNN Indonesia | Minggu, 26/01/2020 08:05 WIB
Barcelona Kalah, Setien Masih Unggul Atas Guardiola Quique Setien baru menjalani dua laga Liga Spanyol. (AP Photo/Alberto Saiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masa awal kepelatihan Quique Setien di Barcelona langsung diwarnai dengan kekalahan, namun masih lebih baik ketimbang Pep Guardiola.

Di bawah arahan Setien, Barcelona sudah menjalani tiga laga. Pertandingan debut melawan Granada di ajang Liga Spanyol berakhir dengan kemenangan 1-0, yang dilanjutkan dengan kemenangan 2-1 atas Ibiza di kejuaraan Copa Del Rey.

Barcelona asuhan Setien langsung mengalami kekalahan pada laga kedua Liga Spanyol ketika bertandang ke Stadion Mestalla, kandang Valencia, Sabtu (25/1).


Catatan tersebut jauh lebih buruk ketimbang pendahulunya, Ernesto Valverde, yang baru mengalami kekalahan pada pertandingan ke-36 di ajang Liga Spanyol.

Kalah di Laga Awal, Setien Lebih Baik Ketimbang GuardiolaBarcelona tak berkutik di markas Valencia. (AP Photo/Alberto Saiz)
Statistik kekalahan di masa awal kepelatihan memang tak lazim bagi pelatih-pelatih Barcelona. Selain Valverde, mantan juru latih Blaugrana lainnya seperti Luis Enrique, Gerardo Martino, dan Tito Vilanova jarang menelan hasil negatif dalam laga-laga awal.

Kendati demikian, Guardiola yang meroketkan Barcelona pada akhir dekade 2000-an dan awal dekade 2010-an juga mengalami nasib yang lebih buruk.

[Gambas:Video CNN]
Guardiola langsung dihadapkan pada kekalahan pada laga debut menangani Barcelona di Liga Spanyol. Pada awal musim 2008/2009, Barcelona kalah 0-1 dari Numancia.

Namun setelah kekalahan itu, Lionel Messi dan kawan-kawan bisa bangkit dan menjadi salah satu kekuatan terbaik Spanyol dan bahkan Eropa.

Kalah di Laga Awal, Setien Lebih Baik Ketimbang Guardiola

Kekalahan di Liga Spanyol pada masa awal kepelatihan memang cukup lekat dengan Setien. Ketika menangani Real Betis, Setien langsung kalah 0-2 dari Barcelona pada laga pertama Liga Spanyol.

Sementara ketika menangani Las Palmas, Setien pun kalah pada laga kedua di Liga Spanyol ketika bertemu Real Madrid. (nva/har)