Ramalan Tahun Tikus Logam: Tae Yong Bawa Hoki Buat Indonesia

CNN Indonesia | Minggu, 26/01/2020 08:57 WIB
Kehadiran pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong, di Timnas Indonesia disebut Master Feng Shui Yulius Fang membawa hoki. Shin Tae Yong ditunjuk sebagai pelatih Indonesia pada akhir 2019. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong, di Timnas Indonesia disebut Master Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, Yulius Fang, sedikit banyak membawa hoki dan keberuntungan.

Sepanjang 2020 atau Tahun Tikus Logam dalam kalender Tionghoa, Timnas Indonesia bakal melakoni tiga laga terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bakal menjadi pertaruhan pertama buat Shin Tae Yong.

"Shin Tae Yong di tahun Tikus Logam ini ada reputasinya yang sedikit kurang bagus, meski secara keseluruhan masih bagus. Tidak akan gagal total, tapi juga dia tidak bebas dari cacian," kata Yulius Fang kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/1).


Pertandingan antara Tim Merah Putih dan Thailand pada 26 Maret mendatang diprediksi menjadi laga yang cukup berat bagi mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

"Lawan Thailand, saya lihat Shin Tae Yong mendapatkan pengakuan dengan hal-hal yang cukup bagus meskipun ada lecet-lecet sedikit. Hari dan jam pertandingan juga konflik, mungkin di pertandingan bisa timbul keributan."

"Untuk skor, kelihatannya Indonesia masih 40:60 persen, kecuali keberuntungan mereka lebih jelek dari kita. Performa terbaiknya adalah jika mainnya di atas jam sembilan malam. Ya, maksimal serilah hasilnya," ucap Yulius Fang.

Ramalan Tahun Tikus Logam: Tae Yong Bawa Hoki Buat TimnasTimnas Indonesia akan menjalani tiga laga kualifikasi Piala Dunia pada tahun ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal menghadapi Uni Emirates Arab (UAE) di Stadion Utama Gelora Bung karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada 31 Maret 2020. Lada laga tandang sebelumnya, Skuat Garuda dibantai UAE 0-5 pada 10 Oktober 2019.

"Wah ini konflik semuanya pas lawan UAE. Petugas keamanan harus siap-siap. Tapi terlihat kita punya kans, mungkin 55:45. Butuh persiapan dan kualitas stamina yang bagus buat pemain. Semoga kita bisa tahan seri, atau mungkin bisa menang tapi skornya kecil," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
Sedangkan pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan Vietnam pada 4 Juni 2020. Yulius Fang menyebut ada potensi rusuh pada laga tersebut.

"Kelihatannya Indonesia kansnya 45:55. Masih ada peluang menang, tapi keberuntungannya di tengah-tengah banget. Paling banter seri tapi dengan sedikit keberuntungan, kalau tidak ya kalah," ucap Yulius Fang.

Meski ramalan Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di tahun Tikus Logam tidak bagus, Yulius Fang menyebut banyak faktor masih bisa mengubah prediksi tersebut.

Sementara keberadaan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sebagai pucuk pimpinan juga disebut mempengaruhi hoki buat timnas.

Yulius Fang mengatakan meski Iwan Bule memiliki hoki yang kurang bagus, namun ada kalanya keberadaan Ketua Umum PSSI dalam pertandingan dapat membantu hoki Shin Tae Yong di bulan Juni yang sedang tidak bagus.

Selain itu, ada juga Piala Asia U-19 yang bakal digelar pada 14-31 Oktober 2020 mendatang. Menurut ramalan Yulius Fang, sepanjang Oktober merupakan ciong atau kesialan buat Iwan Bule yang berarti bakal banyak rintangan yang dihadapi di setiap pertandingan dan hasilnya berpeluang tidak akan menggembirakan.

"Kesimpulannya, Timnas Indonesia U-19 ini akan main bagus di awal meskipun ada hari-hari yang masih kurang bagus hoki dan keberuntungannya. Kelihatannya agak susah untuk bisa lolos ke semifinal apalagi ke final," ujar Yulius.

"Kemungkinan hanya bisa lolos di fase grup, untuk ke perempat final sulit. Kalau bisa Iwan Bule tidak usah nonton langsung, supaya kansnya besar untuk bisa lolos ke perempat final, karena Oktober bukan bulan bagus buat dia keluar dari Jakarta," sambungnya. (TTF/har)