Fasih Bahasa Spanyol dan Italia, Kobe Bryant Bisa Kecoh Lawan

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 13:22 WIB
Fasih Bahasa Spanyol dan Italia, Kobe Bryant Bisa Kecoh Lawan Kobe Bryant fasih berbahasa Italia dan Spanyol. (FREDERIC J. BROWN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kobe Bryant adalah fenomena di NBA yang juga fasih multibahasa baik untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim maupun mengecoh lawan.

Pria kelahiran Philadelphia tersebut berkarier selama 20 tahun di NBA sejak 1996 hingga 2016. Dalam perjalanannya Kobe Bryant sukses mengoleksi lima gelar NBA bersama LA Lakers.

Kobe Bryant tidak saja terkenal karena kualitasnya menggring dan melempar bola basket di atas lapangan, tetapi juga kemampuannya dalam berbahasa.


Peraih dua medali emas Olimpiade bersama Amerika Serikat itu dikenal fasih bahasa Italia dan Spanyol, selain Inggris.

Bahasa Italia dikuasai Kobe karena ia menghabiskan masa kecil di Negeri Pizza. Kobe tinggal di Italia sejak usia 6 hingga 13 tahun ketika ayahnya, Joe Bryant, bermain di beberapa tim di negara tersebut, dikutip dari Washington Post.

Pau Gasol (kanan), mantan rekan setim Kobe Bryant di LA Lakers.Foto: AFP PHOTO / OZAN KOSE
Pau Gasol (kanan), mantan rekan setim Kobe Bryant di LA Lakers.
Menurut laporan ESPN, bahasa Italia jadi fondasi bagi Kobe untuk menguasai bahasa Spanyol. Kobe belajar bahasa Spanyol di rumah, bersama istrinya Vanessa yang merupakan campuran Meksiko-Amerika.

Menguasai kedua bahasa itu dijadikan Kobe Bryant sebagai 'senjata' saat bertanding. Bleacher Report memberitakan, Kobe menggunakan kemampuannya berbahasa Italia untuk berkomunikasi dengan rekan setim.

[Gambas:Video CNN]

ESPN memberitakan hal yang sama. Bahasa Spanyol memudahkan Kobe berbincang dengan Pau Gasol saat di Lakers. Dengan berbahasa Spanyol itu juga Kobe Bryant bisa berteman baik dengan bintang Barcelona Lionel Messi. Keduanya nyaman saat berbincang dengan bahasa Spanyol.

Kobe Bryant Fasih Bahasa Spanyol-Italia untuk Kecoh Lawan
Selain menjalin komunikasi dengan rekan setim atau dunia di luar basket, fasih bahasa Italia dan Spanyol memudahkan Kobe Bryant mengetahui apa yang dibicarakan lawan mereka. Dikutip dari CCN, kemampuan multibahasa itu memudahkan Kobe berinteraksi dengan lawan dalam bahasa ibu mereka selama pertandingan.

Sementara itu, menurut Bleacher Report Kobe Bryant tidak saja piawai berbahasa Inggris, Spanyol, atau Italia, tetapi juga Slovenia.

Bintang Dallas Maverick Luka Doncic mengaku terkejut saat Kobe Bryant mengajaknya berdiskusi menggunakan bahasa Slovenia.

"Dia berbicara dengan bahasa Slovenia. Dia berbicara menggunakan bahasa saya. Saya benar-benar terkejut," tutur Doncic. (sry/ptr)