Dua Kali Kalah, Mental Timnas Indonesia U-19 Meningkat

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 19:55 WIB
Dua Kali Kalah, Mental Timnas Indonesia U-19 Meningkat Fisik pemain Timnas Indonesia U-19 mengalami peningkatan selama TC di Thailand. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mental para pemain Timnas Indonesia U-19 mengalami peningkatan meski kalah dalam dua laga uji coba kontra Kyung Hee University dan Seongnam FC.

Timnas Indonesia U-19 kalah 0-2 dari Kyung Hee pada laga uji coba pertama di Alpine Football Camp Training, Jumat (24/1) lalu. Sehari berselang, Amiruddin Bagas Kaffa dkk kembali menelan kekalahan 0-4 saat uji coba melawan klub kasta tertinggi kompetisi Korea Selatan, Seongnam FC.

Meski kalah di dua laga uji coba, asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto menyebut para pemainnya mengalami peningkatan fisik. Selain itu, pemain juga disebut menunjukkan mental bermain yang bagus di dua pertandingan.


"Pemain pasti mengalami perkembangan tapi memang bukan seperti sulap yang tiba-tiba fisik pemain langsung bagus. Harus melalui proses dan ini yang sedang dijalani pemain," ujar Nova kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/1).

Dua Kali Kalah, Mental Timnas Indonesia U-19 MeningkatTimnas Indonesia U-19 menelan dua kekalahan dalam dua laga uji coba awal di Thailand. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
"Yang paling terlihat perubahannya adalah para pemain punya mental bagus untuk melawan rasa kelelahan mereka setelah menjalani latihan fisik yang panjang. Mereka juga mulai berani untuk melakukan body contact dengan pemain yang senior dan level pun di atas mereka."

Nova juga menuturkan Timnas Indonesia U-19 melawan rasa lelah selama sepekan pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand. Terkait hasil pertandingan, Nova memastikan manajer pelatih Shin Tae Yong tidak menjadikan hal tersebut sebagai prioritas.

Dua Kali Kalah, Mental Timnas Indonesia U-19 Meningkat
"Kalau hasil coach Shin Tae Yong memang tidak mempermasalahkan karena yang dilihat adalah progres fisik pemain. Bukan tentang hasil dan taktik."

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni uji coba ketiga di Thailand pada Senin sore. Tim Garuda Nusantara akan menghadapi Busan IPark, klub promosi di K-League 1.

Pagi hari sebelum uji coba seluruh pemain menjalani latihan fisik dengan menempuh jarak sekitar lima kilometer dari tempat menginap.

"Lawan-lawan kita di sini semua tim utama yang tampil di K-League karena mereka rata-rata sedang preseason di sini. Tanggal 28 sepertinya juga bakal uji coba melawan Seongnam lagi," kata Nova.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/jal)