Hormati Kobe, Klub NBA Pensiunkan Nomor 24

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 20:20 WIB
Hormati Kobe, Klub NBA Pensiunkan Nomor 24 Dallas Mavericks memensiunkan nomor 24 yang identik dengan Kobe Bryant. (Filippo MONTEFORTE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dallas Mavericks memensiunkan nomor 24 untuk menghormati legenda NBAKobe Bryant yang meninggal dunia karena kecelakaan helikopter.

Kobe, sang putri Gianna Maria Bryant, dan enam penumpang lain mengalami kecelakaan helikopter pada Minggu (26/1) waktu setempat. Kecelakaan helikopter yang ditumpangi legenda Los Angeles Lakers itu terjadi pukul 09.47 pagi di dekat Las Virgenes Road dan Willow Glen Street di Calabasas.

Meninggalnya Kobe yang begitu mendadak membuat kaget banyak orang. Penghormatan atas karier dan jasa besar Kobe di pentas NBA pun datang dari berbagai kalangan mulai dari olahragawan hingga selebritas dunia.


Hormati Kobe, Klub NBA Pensiunkan Nomor 24Para pebasket NBA berduka dengan kepergian Kobe Bryant. (AP Photo/David Zalubowski)
Penghormatan juga datang dari salah satu tim NBA, Dallas Mavericks. Bahkan, salah satu rival mantan klub Kobe, Los Angeles Lakers itu memensiunkan nomor 24 yang akrab dengan pria berjuluk Black Mamba.

Pemilik Dallas, Mark Cuban menyatakan sosok Kobe adalah ikon global. "Kobe merupakan duta untuk olahraga basket, seorang legenda, ikon global. Di atas semua itu, dia adalah ayah yang penuh cinta dan berdedikasi," ujar Cuban seperti dilansir Sport Bible.

[Gambas:Video CNN]

"Warisan Kobe melampaui basket, dan kami telah memutuskan nomor 24 tidak akan pernah dipakai lagi oleh Dallas Maverick."

Hormati Kobe, Klub NBA Pensiunkan Nomor 24
Cuban pun turut bersimpati pada pihak keluarga yang ditinggalkan: "Empati kami tujukan untuk korban dan keluarga karena tragedi ini. Pikiran dan doa kami tujukan untuk Vanessa [Bryant] dan keluarga, Lakers, dan fan Kobe Bryant di manapun."

Kobe tidak pernah membela Mavericks sepanjang kariernya. Pebasket berusia 41 itu menghabiskan 20 tahun karier bersama Lakers.

Di Lakers, Kobe meraih lima cincin juara NBA. Torehan itu menempatkan Kobe sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah bermain di pentas basket paling elite dunia tersebut. (jal/bac)