Video Hoaks Kecelakaan Kobe Bryant Beredar di Media Sosial

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 23:53 WIB
Video Hoaks Kecelakaan Kobe Bryant Beredar di Media Sosial Petugas pemadam kebakaran berada di sekitar lokasi bangkai helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant. (AP Photo/Mark J. Terrill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Video hoaks kecelakaan helikopter yang menewaskan legenda bola basket Amerika Serikat, Kobe Bryant, dan putrinya beredar di media sosial.

Rekaman video yang mengklaim kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Kobe dan putrinya, Gianna Maria Onore, serta tujuh orang lainnya menjadi viral beberapa jam setelah kabar kematian mantan pemain Los Angeles Lakers tersebut.

Dilansir AFP, video yang beredar luas tersebut bukan rekaman gambar gerak dari kecelakaan yang menewaskan Kobe melainkan video kecelakaan helikopter yang terjadi di Uni Emirat Arab pada 29 Desember 2018.


Beberapa akun mengunggah video tersebut dengan menyertakan tulisan duka atas meninggalnya Kobe sehingga tampak meyakinkan bahwa itu merupakan rekaman kecelakaan yang mengakhiri hidup salah satu legenda NBA tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Hingga Senin (27/1) malam , video tersebut tercatat sudah dilihat lebih dari 3 juta orang di Twitter, Facebook, dan Instagram serta dibagikan sebanyak ribuan kali.

Tidak sedikit pula orang-orang yang menyesali peredaran video tersebut di media sosial. Beberapa di antaranya mempertanyakan maksud dan tujuan akun-akun yang mengklaim video tersebut merupakan rekaman kecelakaan helikopter Kobe.

Video Hoaks Kecelakaan Kobe Bryant Beredar di Media Sosial

Pria 41 tahun itu meninggal dalam tragedi kecelakaan helikopter di dekat Las Virgenes Road dan Willow Glen Street di Calabasas, California, sebelum pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Kobe menggunakan helikopter dari Bandara John Wayne pada pukul 09.06 untuk menuju Mamba Academy. Sebelum nahas, helikopter Sikorsky S-76B itu diketahui berputar-putar mengelilingi salah satu area di LA karena mengalami masalah cuaca. (nva/nva)